Biaya Kuliah Telkom University Tahun 2021/2022 Jalus USM Sampai Lulus

Biaya Kuliah Telkom – Pada awal tahun ajaran 2021/2022, Universitas Telkom membuka beberapa jalur akses yang bisa dipilih dengan para calon mahasiswa.

Universitas yang awalnya bernama STT Telkom ini terus berkembang hingga berubah nama menjadi Universitas Telkom pada tahun 2014 dan mendapat akreditasi A dari BAN-PT.

Universitas Telekom mempunyai sebuah sistem pendidikan yang berfokus pada penelitian dan pendidikan berbasis teknologi Information and Communication Technology (ICT) di bidang bisnis, teknik, dan industri kreatif.

Bahkan kampus tersebut juga mendapat penghargaan sehingga menjadikannya salah satu universitas terbaik di Indonesia yaitu bintang 5 dari QS Star tahun 2017 untuk kategori pengajaran, inovasi, kelayakan kerja, dan inklusivitas.

Berikut ialah penjelasan terlengkap mengenai profil dan biaya kuliah secara jelas dan lengkap, simak ulasan terlengkap sebagai berikut!!

Tentang Telkom University

Telkom University adalah sebuah perguruan tinggi swasta di Indonesia. Kampus utama memiliki lokasi di Kabupaten Bandung, tepatnya di Jalan Telekomunikasi.

Tel-U juga memiliki kampus lain di Bandung utara, kawasan Gegerkalong Hilir, di PT. Telekom (Pusat Inovasi dan Pengembangan Telkom dan Telekom Corporate University atau Pusat Pelatihan Telekom).

Telkom University didirikan pada tanggal 14 Agustus 2013 dan merupakan peleburan dari empat lembaga yang ada dalam badan pengurus Yayasan Pendidikan Telkom (YPT).

Mereka adalah Institut Manajemen Telkom (IM Telkom), Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), dan Desain Telkom Indonesia (STISI Telkom), Politeknik Telkom dan Sekolah Tinggi Seni Rupa. Universitas yang satu ini juga mempunyai kemungkinan atau cara pendaftaran seperti universitas lainnya.

Biaya kuliah Universitas Telkom

Biaya-Kuliah-Telkom

Seperti yang sudah dijelaskan, Universitas Telkom Bandung mempunyai dengan beberapa titik masuk, yang menyebabkan biaya yang berbeda tergantung pada program studinya.

Ada beberapa komponen biaya kuliah di Universitas Telekom Bandung, yaitu:

  • BPP (Biaya Penyelenggaraan Pendidikan)
  • Sumbangan SDP2 (Sumbangan Dana Pengembangan Pendidikan Reguler)
  • Dana Pengembangan UP3 (Uang Partisipasi Penyelenggaraan Pendidikan)

Biaya pendidikan BPP harus dibayar oleh peserta setiap semester. Sedangkan UP3 dan SDP2 membayar sekali di awal kuliah.

Sekadar informasi, dana SDP2 dan BPP akan dikembalikan kepada siswa yang putus sekolah karena masuk PTN dengan melalui jalur SBMPTN dan SNMPTN. Namun, biaya UP3 tidak dapat dikembalikan.

Berikut rincian biaya kuliah di Universitas Telkom Bandung, seperti dikutip dari situs resmi seleksi mahasiswa tahun pertama di Universitas Telkom:

1. Biaya Kuliah Jalur Seleksi Reguler

  • Jalur BPP Reguler : Rp.8.000.000 – Rp.18.000.000
  • Seleksi Reguler UP3 : Rp.8.000.000 – Rp.20.000.000
  • Jalur Seleksi Reguler SDP2 : Rp.4.000.000 – Rp.38.000.000

2. Biaya Kuliah Jalur Kelas Internasional

  • Jalur Kelas Internasional : Rp.18.000.000 – Rp.20.000.000

3. Biaya Kuliah Jalur Seleksi Undangan Seleksi Mitra (USM)

  • Jalur Seleksi USM SDP2 : Rp.15.000.000 – Rp.38.000.000
  • Seleksi BPP USM : Rp.8.000.000 – Rp.18.000.000
  • Jalur Seleksi USM UP3 : Rp.8.000.000 – Rp.20.000.000

Kuliah di kampus impian pasti menjadi dambaan setiap orang. Sayangnya, masalah pendanaan seringkali menghalangi orang untuk kuliah di universitas favoritnya.

Oleh karena itu, kini telah menawarkan solusi bagi masyarakat Indonesia yang ingin melanjutkan studi tetapi tidak memiliki cukup uang untuk membayar semua biaya kuliah secara langsung.

Dengan produk Pintek Reguler, Anda bisa menghemat dana mulai dari Rp.200.000 hingga Rp.300.000.000 yang bisa digunakan untuk biaya kuliah, biaya semester dan lainnya.

Suku bunga adalah suku bunga rata-rata dari 0% hingga 2% per bulan dengan jangka waktu cicilan hingga 24 bulan.

Jurusan dan Fakultas Universitas Telkom

Jurusan-dan-Fakultas-Universitas-Telkom

Penasaran dengan jurusan favoritmu di universitas swasta ini? Apa yang kau pelajari? Dan bagaimana prospek kerjanya? Anda tidak perlu bingung lagi.

Di Universitas Telekom terdapat 5 jurusan terbaik yang bisa dipilih sesuai minat dan bidang studi. Berikut ialah beberapa jurusan dan rincian biaya, diantaranya ialah:

1. Teknik Elektro – Fakultas Teknik Elektro

Teknik elektro di Universitas Telekom mempunyai 3 bidang yakni teknik kendali/sistem kontrol, studi teknik elektronika, dan teknik biomedis. Setiap konsentrasi belajar berbeda.

Dalam teknik biomedis, seperti elektronik intrik komponen elektronik, studi instrumen elektronik di bidang biomedis, dan teknologi kontrol sistem otomasi dan robot.

2. Manajemen Bisnis Telekomunikasi Informatika – Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Pelajari lebih lanjut tentang teknologi informasi dalam bisnis? Karena itu. Kursus yang hanya ditawarkan di Telekom Universitas ini memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang manajemen perusahaan berbasis ICT.

Di tengah pesatnya perkembangan industri digital, ilmu ini tentunya relevan untuk Anda saat ini guna menghadapi dunia kerja.

3. Teknik Telekomunikasi – Fakultas Teknik Elektro

Program dalam suatu gelar yakni Teknik Telekomunikasi merupakan salah satu program gelar teknik ini yakni sangatlah terpopuler di Indonesia.

Mata kuliah Teknologi Telekomunikasi di Universitas Telekom, dengan akreditasi A-nya, merupakan mata kuliah dengan tingkat ketegangan tertinggi di universitas ini.

Teknologi telekomunikasi di Universitas Telekom dibagi menjadi 3 bidang studi, yakni Sinyal, Jaringan, dan Transmisi.

4. Teknik Informatika – Fakultas Informatika

Sebagai salah satu program studi tertua di Universitas Telekom, telah menjadi bagian dari Fakultas Informatika Universitas Telekom Telekom (STT Telekom) sejak 1993, yang kemudian berganti nama menjadi Institut Teknologi Telekom (IT Telekom).

Dalam program penelitian ini terdapat istilah kelompok ahli yang terfokus dan mencakup tenaga pengajar yang memiliki kompetensi dan keahlian dalam bidang keilmuan tertentu. Kelompok kompetensi tersebut antara lain ICM (Intelligence, Computing and Multimedia), Telematics, dan SIDE (System Information and Data Enggineering).

5. Teknik Industri – Fakultas Rekayasa Industri

Salah satu mata kuliah yang unik di Universitas Telekom adalah mata kuliah Teknik Industri. Di universitas lain, fokus mata kuliah teknik industri lebih ke industri manufaktur, tapi tidak di Universitas Telekom.

Di sana, mata kuliah teknik industri sangat berkonsentrasi pada industri jasa. Menurut Ario Adimas, VP Marketing Go-Jek dan alumnus Teknik Industri Telekom tahun 2006, ini menjadi poin penting dalam perkembangan industri digital yang kini didominasi oleh sektor jasa.

Jangan lupa, setelah Anda memutuskan untuk kuliah, Anda bisa langsung mencari akomodasi pondok pesantren. Mamikos memiliki banyak informasi tentang guest house, apartemen atau rumah yang ingin Anda sewa dan Anda dapat memilih salah satunya. Soal harga, perlengkapan dan lainnya lihat sesuai keinginan.

Baca Juga :

Itulah ulasan yang telah kami sampaikan secara jelas dan lengkap yakni mengenai Biaya Kuliah Telkom University Tahun 2021/2022 Jalus USM Sampai Lulus. Semoga dapat berguna dan bermanfaat terima kasih!!

/* */
error: Semoga selamet panjang umur buat yang copy tanpa izin!!