Biaya Kuliah UNILA (Universitas Lampung) SBMBTN & Jalur Mandiri 2022

Biaya Kuliah UNILA – Universitas Lampung atau dapat disingkat Unila, adalah sebuah universitas negeri yang didirikan di Lampung pada tanggal 23 September 1965.

UNILA lahir dari harapan dan keinginan masyarakat Lampung dalam mempunyai universitas di daerah tersebut, karena banyak lulusan SMA di Lampung harus pindah ke Palembang dan Jawa untuk melanjutkan pendidikan.

Keinginan ini berlanjut setelah terbentuknya dua panitia, yakni P3SL (Panitia Pembinaan dan Perluasan Perguruan Tinggi) dan P3YPTL (Panitia Persiapan Pendirian Yayasan Perguruan Tinggi Lampung).

Pada tanggal 19 Januari 1960, P3SL berubah nama menjadi Sekolah Menengah dan Panitia Pendidikan dan Perluasan Fakultas (P3SLF).

Pada 19 Juli 1960, P3SLF kemudian mendirikan Fakultas Hukum Ekonomi dan Sosial (FEHS) Lampung yang menjadi cikal bakal Unila. Tanggal 23 November 1960, P3YPTL, P3SLF menjadi satu dan menjadi Yayasan Pembina Perguruan Tinggi Lampung (YPPTL).

Yayasan ini bertanggung jawab atas organisasi dan pengelolaan FEHS sebagai universitas negeri. Pada tanggal 1 Februari 1961, FEHS menjadi cabang Fakultas Hukum dan Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya.

Kedua fakultas itu yang nantinya kemudian akan menjadi fakultas Universitas Lampung, dengan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) No.195/1965.

Sejarah UNILA (Universitas Lampung)

Sejarah-UNILA-Universitas-Lampung

Universitas Lampung merupakan universitas negeri pertama dan tertua di Provinsi Lampung, Indonesia. Hari jadi Unila ditetapkan dalam 23 September 1965, berdasarkan dikeluarkannya Keputusan Menteri PTIP yang mengukuhkan berdirinya Unila.

Universitas Lampung mempunyai visi bahwa Unila akan menjadi sepuluh universitas terbaik di Indonesia pada tahun 2025.

Atas dasar ini, infrastruktur dan fasilitas yang ada di Unila akan terus ditingkatkan untuk mendapatkan kampus terbaik dan paling efisien secara internasional.

Unila terus meningkatkan layanan dan bekerja sama dengan berbagai pihak agar lulusannya mampu bersaing di skala global. Apakah Anda ingin melanjutkan pendidikan di Unila?

Keinginan mendirikan perguruan tinggi di Lampung sudah menjadi dambaan para tokoh masyarakat Lampung sejak tahun 1960-an, untuk dijadikan sebagai wahana melatih masyarakat pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Karena lulusan SMA terbaik harus ke Jawa atau Palembang untuk melanjutkan studi. Sebaliknya, Provinsi Lampung yang baru berdiri juga membutuhkan banyak lulusan perguruan tinggi untuk melakukan kegiatan pembangunan di wilayah ini.

Biaya Kuliah UNILA (Universitas Lampung) SBMBTN & Jalur Mandiri 2021

Biaya Kuliah UNILA (Universitas Lampung) SBMBTN & Jalur Mandiri 2021

Berikut ialah beberapa rincian mengenai biaya kuliah di Universitas Lampung (UNILA), diantaranya ialah:

1. BKT (Biaya Kuliah Tunggal)

Biaya operasional mahasiswa per semester pada mata kuliah di perguruan tinggi negeri. Biaya pendidikan satu kali (BKT) digunakan sebagai dasar penetapan biaya bagi mahasiswa, masyarakat, dan pemerintah.

2. UKT (Uang Kuliah Tunggal)

Bagian dari biaya kuliah yang disediakan untuk setiap siswa didasarkan pada kinerja ekonomi. Biaya Kuliah Tunggal (UKT) ditentukan berdasarkan biaya kuliah individu dikurangi biaya yang ditanggung pemerintah.

Di bawah ini adalah tabel biaya kuliah UNILA untuk tahun ajaran 2021/2022, yang meliputi biaya kuliah individu (BKT) Unila dan biaya kuliah individu (UKT) Unila untuk gelar sarjana (S1).

Uang PangkalMinMaxRata-Rata
Cicilan Uang Pangkal/bulan (12x cicilan)Rp.786.667Rp.15.733.333Rp.8.260.000
Uang SemesterRp.1.000.000Rp.17.550.000Rp.9.275.000
Biaya Belajar Rp.1.000.000Rp.17.550.000Rp.9.275.000
Cicilan per BulanRp.145.333Rp.2.550.600Rp.1.347.967
Biaya TahunanRp.12.000.000Rp.235.100.000Rp.123.550.000
Biaya KeseluruhanRp.50.000Rp.50.000Rp.50.000

Fakultas dan Jurusan UNILA (Universitas Lampung)

1. Fakultas Kedokteran

Fakultas Kedokteran Universitas Lampung termasuk suatu tempat yang relatif muda di Unila, yang sudah didirikan pada tahun 2008.

Fakultas Kedokteran Unila yakawalnya didirikan karena warga Lampung menginginkan adanya perguruan tinggi kedokteran negeri yang dibuka pada tahun 1998.

Meski masih muda, fakultas ini memiliki visi yang luar biasa, “Menjadi sepuluh besar fakultas kedokteran di Indonesia dengan peminatan agromedis pada tahun 2025”.

2. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Bagi Anda yang ingin terjun ke dunia politik dan kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) adalah tempat yang paling cocok untuk Anda kuliah di Unila.

Beberapa jurusan filsafat Unila merupakan program studi populer yang setiap tahun dipenuhi pelamar. Kursus Hubungan Internasional juga diserang langsung oleh pelamar dari berbagai daerah di awal.

3. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Jika Anda salah satu pendidik dan ingin mendedikasikan hidup Anda untuk dunia pendidikan, bergabung dengan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unila adalah pilihan yang tepat. FKIP Unila menawarkan program gelar yang lengkap dan merupakan fakultas dengan mata kuliah terbanyak di kampus ini.

4. Fakultas Teknik

Tahukah Anda apa yang dilakukan para ilmuwan di Fakultas Teknik Universitas Lampung? Salah satu pencapaian besarnya adalah teknologi navigasi penerbangan, yang dimiliki oleh salah satu profesor dan peneliti Unila di bidang robotika yang membantu mengembangkan kendaraan udara tak berawak terbesar di Jepang.

5. Fakultas Pertanian

Fakultas Pertanian Unila telah mempersembahkan berbagai macam prestasi dan kontribusi bagi dunia pertanian. Dimulai dengan berbagai penemuan misalnya energi terbarukan.

Berbagai inovasi dan terobosan di dunia pertanian, bahkan bantuan dan penciptaan lapangan kerja baru bagi UKM di daerah tersebut. Bagaimanapun, Anda pasti tidak akan menyesal belajar di Fakultas Pertanian Unila!

6. Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) yakni pada awalnya adalah Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya cabang Lampung. Baru setelah Unila berdiri pada tahun 1965, Fakultas Ekonomi akhirnya bergabung dengan Unila. Pada tahun 2001 Fakultas Bisnis dan Ekonomika berganti nama menjadi FEB Unila sesuai dengan kebutuhan yang ada.

7. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Salah satu keunggulan FMIPA (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) Unila adalah meraih OSN (Olimpiade Sains Nasional) dari tahun ke tahun, baik di tingkat Lampung maupun di tingkat nasional.

Prospek karir lulusan FMIPA ini juga besar dan merupakan fakultas yang program gelar sangat dibutuhkan di dunia industri saat ini.

8. Fakultas Hukum

Fakultas Hukum adalah salah satu fakultas terpopuler di Unila. Hal ini terlihat dari antusiasme sebagian besar pendaftar pada jenjang IPS di Unila.

Selain itu, prospek karir lulusan fakultas ini juga menawarkan banyak bidang pekerjaan dan peluang karir yang menjanjikan di masa depan.

Baca Juga :

Itulah ulasan yang telah kami sampaikan secara jelas dan lengkap mengenai Biaya Kuliah UNILA. Semoga ulasan ini dapat berguna bagi Anda semuanya.

/* */
error: Semoga selamet panjang umur buat yang copy tanpa izin!!