Biaya Kuliah UNSRI (Universitas Sriwijaya) Jalur SBPTN dan Jalur Mandiri

Biaya Kuliah UNSRI – Universitas Sriwijaya merupakan sebuah perguruan tinggi negeri di Sumatera Selatan, wilayah Indonesia. Universitas Sriwijaya ini yakni mempunyai 10 fakultas dengan dua lokasi yaitu di Bukit Besar, Indralaya, Kota Palembang dan di Kabupaten Ogan Ilir.

Jumlah alumni Universitas Sriwijaya sampai wisuda ke-114 pada tanggal 16 Oktober 2014 sebanyak 96.634 alumni termasuk S3 dan S2 kurang lebih 128 wisudawan.

Program Sarjana Strata I totalnya kurang lebih 73.690 lulusan, Program PascaSarjana S2/SP1 memiliki 4.830 lulusan, dan Program D3 Diploma 17.989 lulusan. Unsri mendapat akreditasi A (Unggul) dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Sejarah UNSRI (Universitas Sriwijaya)

Keberadaan UNSRI berawal dari keinginan dalam mempunyai universitas di Sumatera Selatan sejak awal 1950-an, yang dimulai pada tanggal 17 Agustus 1952.

Diawali oleh beberapa tokoh masyarakat yang membentuk Panitia Fakultas Sumatera Selatan pada Agustus 1952, daerah Ampera mendirikan Fakultas Ekonomi untuk pertama kalinya.

Fakultas tersebut telah dikelola dengan Yayasan Perguruan Tinggi Syakhyakirti yang berdiri pada tanggal 1 April 1953.

Upaya dalam penyelesaian perguruan tinggi di Sumsel dilanjutkan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Syakhyakirti melalui pembentukan Panitia Pengarah Fakultas Hukum.

Sejarah UNSRI (Universitas Sriwijaya)

Dalam tanggal 1 November 1957, dalam rangka Dies Natalis keempat Fakultas Ekonomi dan Bisnis, diresmikanlah Fakultas tersebut dengan nama “Fakultas Hukum”.

Dalam memenuhi kebutuhan pembangunan, UNSRI kemudian berencana untuk memperluas kampus di luar yang sekarang Bukit Besar dengan mengakuisisi 712 hektar lahan di Indralaya pada tahun 1982.

Pada tanggal 1 September 1993, Gubernur Sumatera Selatan, H. Ramli Hasan Basri, memberikan pidato pengukuhannya pada kesempatan dimulainya kegiatan akademik di kampus baru UNSRI di Indralaya.

Selama hampir 64 tahun, UNSRI telah mempunyai 96.634 alumni hingga wisuda ke-114 dalam tanggal 16 Oktober 2014, terdiri dari 128 lulusan S3 dan S2, 4.830 program Magister/SP1, dan 73.690 program Strata I dan D3 17.989 wisudawan.

Biaya Kuliah UNSRI (Universitas Sriwijaya) Jalur SBPTN dan Jalur Mandiri

Biaya kuliah Unsri yakni dapat dibedakan dengan berdasarkan jalur masuk bagi mahasiswa baru yakni jalur reguler dan USMB (Ujian Penyaringan Masuk Bersama).

Jalur Biasa adalah penerimaan mahasiswa baru pada ujian SBMPTN dan SNMPTN. USMB adalah proses penerimaan mahasiswa mandiri yang diatur melalui ujian tertulis dari Universitas Sriwijaya.

Biaya-Kuliah-UNSRI

Biaya pendidikan jalur SBMPTN dan SNMPTN mengikuti sistem biaya kuliah (UKT) yang dikelompokkan menurut pendapatan orang tua. Artinya jalur SNMPTN dan SBMPTN memiliki opsi pembentukan UKT kelompok I sampai VIII.

Bila jalur mandiri atau biaya kuliah USMB melebihi UKT kelompok tertinggi. Dana BOP ditingkatkan sekitar 200 juta rupiah khusus untuk program kedokteran mandiri.

1. Jalur SNMPTN dan SBMPTN

Biaya pendidikan jalur SNMPTN dan SBMPTN mengikuti sistem biaya kuliah (UKT) yang dikelompokkan menurut pendapatan orang tua. Artinya jalur SNMPTN dan SBMPTN memiliki opsi pembentukan UKT kelompok I sampai VIII.

Bila jalur mandiri atau biaya kuliah USMB melebihi UKT kelompok tertinggi. Dana BOP ditingkatkan sekitar Rp.200.000.000,- khusus untuk program kedokteran mandiri.

2. Jalur Mandiri

Seperti yang sudah disebutkan, pendaftaran jalur mandiri Unsri dilakukan melalui Ujian Saringan Masuk Bersama (USMB). USMB adalah proses penerimaan mahasiswa mandiri yang diatur dengan melalui ujian tertulis di Universitas Sriwijaya.

Biaya kuliah Jalur Mandiri Unsri dikatakan lebih tinggi dari UKT tertinggi, sehingga biaya kuliah mahasiswa Jalur Mandiri pasti lebih tinggi dari mahasiswa SNMPTN dan SBMPTN. UKT dibayarkan setiap semester tanpa BOP, kecuali terhadap Jurusan Pendidikan Dokter.

Biaya Pendidikan Dokter ditagih melebihi UKT dengan membebankan Biaya Awal (BOP) sampai dengan Rp.200.000.000,- yang dibayarkan pada saat pendaftaran (registrasi). Mata kuliah Pendidikan Kedokteran UKT membedakan antara Praklinis Rp.30.000.000,-/semester dan Klinik yakni Rp.45.000.000,-.

Departemen praklinis dan klinis didasarkan pada tingkat pelatihan fakultas kedokteran. Tingkat 1 sampai 3 siswa belajar di departemen pra-klinis. Selain itu, mereka mengambil kelas di departemen klinis sambil berlari di level 4 dan 5.

Pada tahun 2021, Universitas Sriwijaya akan menjadi universitas terbaik ke-36 di Indonesia menurut Menristekdikti.

Tidak hanya di dalam negeri, kampus di kota Palembang ini menempati peringkat ke-26 sebagai kampus terbaik di Indonesia versi World University Webometric Ranking.

Universitas Sriwijaya tidak hanya unggul dalam hal pendidikan, tetapi juga menawarkan fasilitas kampus yang sangat baik kepada mahasiswanya.

Fasilitas yang ditawarkan antara lain transportasi bus kampus, kebun percobaan seluas 50 hektar, rumah sakit, dan banyak lagi.

Fakultas dan Jurusan UNSRI (Universitas Sriwijaya)

Fakultas dan Jurusan UNSRI (Universitas Sriwijaya)

a. Fakultas Ekonomi

Fakultas Ekonomi berdiri dengan status swasta pada tanggal 31 Oktober 1953 di bawah naungan Yayasan Perguruan Tinggi Syakhyakirti.

Sebelum Universitas Sriwijaya diresmikan pada 17 September 1960, fakultas pada dasarnya dipindahkan ke Universitas Sriwijaya dan seluruh dosen, mahasiswa, karyawan dan tenaga administrasi, yang kemudian menjadi cikal bakal Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya.

b. Fakultas Kedokteran

Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya merupakan salah satu fakultas yang diminati calon mahasiswa. Salah satu penyebabnya adalah kurikulum yang mau tidak mau mengikuti perkembangan teknologi kedokteran dan ilmu pengetahuan. Mahasiswa harus mampu mengikuti dan menguasai ilmu dan teknologi kedokteran dan perkembangannya.

c. Fakultas Ilmu Komputer

Keinginan dalam membuat program pendidikan di bidang teknologi informasi dan komunikasi di Universitas Sriwijaya sudah ada sejak tahun 1985.

Ketika Universitas Sriwijaya mulai menawarkan program pendidikan dan pelatihan profesional di bidang komputer di Pusat Komputer Universitas Sriwijaya.

Pendirian fakultas ini melalui proses yang panjang hingga Fakultas Ilmu Komputer resmi berdiri pada tanggal 22 Februari 2006.

d. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Sejarah pendidikan fakultas tersebut sudah dimulai dengan terbentuknya kursus bahasa Inggris B-1 Negeri Palembang pada tanggal 1 Oktober 1958.

Berawal dari 3 mata kuliah utama, fakultas ini kini memiliki 16 jurusan, yang terbagi dalam empat jenjang Magister, Profesional, pelatihan Sarjana, Doktor.

e. Fakultas Pertanian

Fakultas Pertanian didirikan dengan pertimbangan bahwa Sumatera Selatan memiliki wilayah pertanian yang cukup luas. Pada tanggal 20 September 1963, fakultas ini didirikan berdasarkan SK Menteri Pendidikan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP).

Semoga kita dapat menghasilkan sumber daya manusia yang dapat membantu menyelesaikan berbagai permasalahan di sektor pertanian.

f. Fakultas Kesehatan Masyarakat

Sebelum masuk fakultas, Kesehatan Masyarakat adalah sarjana di fakultas kedokteran. FKM Unsri saat ini menawarkan tiga program studi di tingkat Sarjana.

Salah satu keunggulan dalam fakultas tersebut ialah satu-satunya fakultas di PTN yang mengelola sumber daya manusia kesehatan masyarakat di Sumatera Selatan.

Baca Juga :

Itulah penjelasan yang telah kami rangkum untuk Anda, semoga bermanfaat bagi Anda.

/* */
error: Semoga selamet panjang umur buat yang copy tanpa izin!!