Cara Beli Zcash Untuk Pemula dan Cara Kerja

Cara Beli Zcash – Zcash merupakan cryptocurrency yang dibangun di atas blok terdesentralisasi yang berisi kode sumber terbuka. Itulah kesamaan utama dengan Bitcoin. Hal lain yang Zcash bagikan dengan BTC adalah batasnya.

Kedua cryptocurrency mempunyai persediaan terbatas 21 juta unit. Akan tetapi, sebagai koin privasi, ZEC mengambil langkah lebih lanjut untuk melindungi pengguna. Sistem tersebut yakni dirancang untuk menawarkan anonimitas kepada pengguna dan transaksi.

ZEC yakni telah meningkatkan privasi dengan menerapkan adanya sebuah bukti tanpa pengetahuan (zk-SNARKs). Ini memungkinkan pengguna sebagaimemvalidasi transaksi tanpa mengungkapkan informasi apa pun yang bisa membahayakan privasi pengguna.

Pada saat yang sama, koin ZEC mempunyai properti yang menarik. Hal tersebut memungkinkan pengguna untuk berbagi alamat dan informasi transaksi yang dapat mereka pilih untuk mematuhi audit dan peraturan.

Z-address bersifat pribadi sedangkan t-address dianggap transparan. Ada empat jenis transaksi antara jenis alamat ini. Kedua jenis alamat tersebut saling terkait. Kalian bisa mentransfer uang antara dua jenis alamat. Satu-satunya persyaratan adalah menyadari implikasi privasi.

Keuntungan utama Zcash merupakan adanya sebuah tingkat transaksi yang rendah, anonimitas pengguna dan transaksi, kedaluwarsa transaksi, pengungkapan detail pembayaran kepada pihak ketiga, dan banyak tanda tangan untuk transaksi.

Faktor utama yang berkontribusi dalam sebuah pengembangan cryptocurrency adalah privasi. ZEC mengirimkan level tinggi dan dapat disebut dengan koin “Privasi Utama”.

Akan tetapi, cryptocurrency ini belum mencapai puncaknya di BTC. Seperti apa Zcash? Dibawah ini ialah ulasan selengkapnya!!

Apa itu ZCash ?

Pengertian ZCash merupakan proyek yang dipimpin oleh Zooko Wilcox yang menangani salah satu masalah ketertelusuran utama Bitcoin.

Zcash sebenarnya merupakan sebuah cabang Bitcoin dengan tambahan anonimitas. Dengan beberapa penelitian dapat menunjukkan bahwa anonimitas ZCash lebih kuat daripada jaringan berorientasi privasi lainnya seperti Dash atau Monero.

Misalnya yang mungkin atau mungkin tidak Anda ketahui, Bitcoin tidak sepenuhnya anonim. Untuk mengatasi masalah ini, Zcash menambahkan fitur penting di atas Bitcoin, yaitu transaksi pribadi.

Artinya penerima dan jumlah yang dikirim tetap rahasia dan tidak diketahui siapa pun kecuali penerima dan pengirim.

Meskipun sangat teknis untuk masuk ke ruang lingkup posting ini saya hanya akan mengatakan menggunakan ZCash untuk membuktikan bahwa transaksi tersebut benar dan tidak membuat koin baru tanpa memberikan informasi mengenai penerima dan jumlah.

Sejarah Zcash

Perkembangan Zcash dimulai dengan pembuatan protokol kriptografi ZeroCash, yang dimaksudkan untuk melengkapi Bitcoin yang populer. Karena pengembang Zerocash tidak setuju dengan pendiri Bitcoin, Zcash, cryptocurrency baru, muncul.

Mata uang digital tersebut yakni dikatakan mempertahankan ideologi ZeroCash tetapi menggunakan protokol terpisah dari Bitcoin. Pada 28 Oktober 2016, mata uang digital baru Zcash secara resmi dirilis.

Pengenalan koin ZEC telah menyebabkan kegemparan secara pribadi. Ini membawa harga hingga sekitar $ 6.000. Namun, kemudian saldo dalam kisaran $40-$70. Menurut Coinmarketcap, ZEC merupakan cryptocurrency terbesar ke-63 di dunia.

Terlepas dari fungsinya, bagaimanapun, itu bukan di antara 15 aset digital teratas. Pada tahun 2018, harga ZEC adalah sekitar $900. Pada 2019, itu berfluktuasi di kisaran $27 hingga $124.

Di tahun 2020, ZEC berkisar dari $25 hingga $100. Harga ZEC 2021 berfluktuasi antara 64 dan 370 dolar AS. Untuk memahami mengapa harga ZEC rendah, mari kita lihat pergerakan harga historis.

Bukan rahasia lagi mengenai lonjakan harga cryptocurrency yakni biasanya disebabkan oleh peningkatan blockchain atau perjanjian kerjasama. Faktor yang sama menyebabkan pertumbuhan Zcash.

Peristiwa penting pertama terjadi pada Mei 2017. Pengembang koin mencapai kesepakatan dengan JPMorgan untuk menambahkan teknologi privasi Zcash ke platform blockchain JPMorgan.

Saat itulah kapitalisasi dan nilai pasar koin ZEC memuncak, mendorong mata uang ke dalam 10 aset kripto teratas. Pada Juni 2017, ZEC diperdagangkan di bawah $400.

Popularitas semua crypto menyebabkan lonjakan lagi di awal 2018. Biayanya sekitar $800. Kemudian dampak ledakan crypto menjadi tenang dan Zcash kembali ke level normal.

Pergerakan naik signifikan selanjutnya ialah akan terjadi pada Juni 2019 ketika bila harga melonjak di atas $100. Keuntungan bisa jadi karena kekuatan ke atas yang mencoba mendorong Zcash turun dari level harga terendah sejak kurang lebih ditahun 2017.

Cara Menggunakan ZCash

Tujuan utama dalam ZCash ialah memungkinkan orang dalam mengirim dan menerima uang dengan cepat, murah dan yang terpenting, secara langsung.

Bahkan, dalam tim ZCash berharap suatu saat sistem ini akan menjadi sistem pembayaran global yang digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Pikirkan tentang cara mengirim uang ke seseorang yang tinggal di negara lain.

Anda harus menggunakan pihak ketiga seperti bank atau Western Union. Opsi mana pun yang Anda pilih, biasanya biayanya cukup tinggi.

Cara-Beli-Zcash

Misalnya, mengirim Rp 2.879.000 ke Afrika Selatan akan memakan biaya 14,6% atau sekitar Rp 420.334! Ini adalah harga yang sangat mahal yang harus dibayar oleh orang-orang yang belum beruntung atau bahkan hidup dalam kemiskinan.

Pengiriman uang internasional seperti ini disebut “pengiriman uang” dan merupakan industri multi-miliar dolar yang membuat pihak ketiga atau perantara menjadi sangat kaya.

Tidak hanya itu, mengirim uang ke seseorang di negara lain juga membutuhkan waktu beberapa hari sebelum sampai di sana! Inilah alasan yang membuat ZCash menjadi alternatif yang bagus.

Jadi bagaimana ZCash dibandingkan dengan Bitcoin? Ya, sistem dapat mengonfirmasi blok baru setiap 2,5 menit. Blok baru menyerupai wadah yang menampung paket yang berbeda.

Namun, alih-alih membawa paket, blok melakukan transaksi! Ini lebih cepat daripada Bitcoin, yang biasanya membutuhkan waktu 10 menit untuk mengonfirmasi pemblokiran.

Dalam hal biaya, platform ini menawarkan tarif ZCash yang lebih rendah daripada mengirim uang melalui bank. Meskipun biayanya tergantung pada penggunaan blockchain saat itu, biayanya tidak lebih dari 15.000 rupee!

Cara Transaksi Bekerja

Teknologi blockchain sangat rumit. Hal ini terkadang membuat sulit untuk memahami cara kerjanya. Tapi jangan khawatir, disini kami akan menjelaskannya dengan cara yang paling sederhana. siap?

Teknologi utama yang membuat ZCash yakni menjadi blockchain yang sangat baik ialah termasuk sebuah protokol bukti tanpa pengetahuan. Ini memungkinkan transaksi dikirim secara anonim. Berikut ialah salah satu contoh transaksi ZCash dan Bitcoin:

Transaksi Bitcoin:
Wallet DEF456 mengirim 1,5 BTC ke dompet GHI789 pada 1 Maret 2018 pukul 13:00 (atau dompet DEF456 mengirim 1,5 BTC ke dompet GHI789 pada 1 Maret 2018 pukul 13:00).

Setelah blok dikonfirmasi, dalam informasi tersebut yakni telah transaksi di atas dikirim ke blok publik, yang dapat dilihat oleh semua orang.

Tidak hanya itu, jika Anda mengetahui alamat dompet Anda, Anda dapat melihat setiap transaksi yang telah dikirim atau diterima sebelumnya.

Anda bisa melihat dengan adanya sebuah jumlah yang tersisa di dompet Anda. Anda harus bertanya pada diri sendiri apakah Anda nyaman dalam situasi ini.

Bahkan jika tidak ada yang tahu identitas sebenarnya di balik alamat Bitcoin, itu masih mengungkapkan banyak informasi tentang Anda.

Semakin banyak toko yang menerima bitcoin sebagai metode pembayaran, terutama di Jepang, di mana terdapat lebih dari 200.000 penyedia yang berbeda! Saat Anda masuk ke toko dan membayar dengan bitcoin, pemilik toko memerlukan akses ke seluruh riwayat transaksi Anda.

Dompet Perangkat Lunak Zcash

Dompet perangkat lunak gratis yakni dapat diunduh tetapi dianggap kurang aman daripada dompet perangkat keras. Dompet perangkat lunak menyimpan kunci pribadi di perangkat Anda (ponsel, desktop, tablet) yang selalu terhubung ke internet dan karenanya berisiko lebih tinggi untuk diretas.

Nah, dibawah ini ialah beberapa dompet dalam perangkat lunak Zcash yang bisa kalian simak dibawah ini!!

1. Jaxx

Jaxx merupakan dompet cryptocurrency seluler yang juga mempunyaiversi desktop yang dapat dipasangkan. Dompet ini mendukung Zcash dan berbagai altcoin lainnya.

2. Exodus

Satu-satunya dompet desktop yang mudah digunakan yang memungkinkan Anda untuk menyimpan Zcash serta berbagai cryptocurrency lainnya. Dompet ini sangat direkomendasikan untuk pengguna baru karena sangat mudah dipasang dan digunakan.

3. ZEC-QT

Tersedia sebagai Windows dan Mac, dompet tersebut ialah node penuh, yang berarti Anda perlu mengunduh blockchain Zcash lengkap ke komputer Anda. Setelah Anda menginstalnya, Anda dapat mulai menggunakan dompet Anda segera.

Namun, Anda tidak akan dapat melihat transaksi sebelum Anda dapat melakukan sinkronisasi dalam semalam atau lebih lama tergantung pada koneksi internet kalian.

Baca Juga :

Demikianlah ulasan yang telah kami siapkan dan jelaskan mengenai Cara Beli Zcash Untuk Pemula dan Cara Kerja, Transaksi & Menggunakan Zcash. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat!!

/* */
error: Semoga selamet panjang umur buat yang copy tanpa izin!!