Cara Daftar KOKAM – Fungsi dan Tugas & Persyaratan Menjadi KOKAM

Cara Daftar KOKAM – Mungkin banyak yang sudah tahu dan Anda belum. Namun ada juga yang belum mengenal KOKAM. Dimana banyak orang mengira KOKAM memakai seragam Lorek sebagai salah satu pasukan khusus. Ternyata salah, KOKAM itu bagian dari program gerakan Muhammadiyah.

KOKAM atau Kesigapan Angkatan Muda Muhammadiyah merupakan salah satu wilayah kerja organisasi otonom Muhammadiyah. Anda pasti sudah tahu KOKAM sebagai akronimnya. Jika hanya sekilas atau sudah pernah mendengarnya.

KOKAM merupakan program kerja organisasi otonom Muhammadiyah yang anggotanya adalah anak-anak muda dan siap untuk berkorban. Nantinya, para anggota akan berseragam dan terlihat berani dalam menjalankan tugasnya.

Pasti kalian ingin mengetahui bagaimana cara untuk masuk atau daftar kedalam KOKAM, kami akan membahasnya secara jelas dan detail. Simak ulasan selengkanya sebagai berikut!!

Sejarah KOKAM (Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah)

Pada tahun-tahun sebelum Gestapu PKI atau kaum komunis mencoba mematangkan kader dengan meningkatkan ofensif revolusioner dan mulai bereksperimen dengan tindakan sepihak.

Namun, dalam tanggal 15 November 1961, kurang lebih 3.000 anggota BTI (Barisan Tani Indonesia) melakukan sebuah tindakan sepihak untuk menggarap lahan secara ilegal di perusahaan perkebunan negara.

Akibatnya, PKI melancarkan aksi sepihak yang membangkitkan situasi revolusioner di banyak daerah dalam rangka mempersiapkan kekuasaan.

Peristiwa Bandar Betsi di Sumatera Utara ketika seorang letnan TNI diculik oleh BTI dan peristiwa tersebut sangat melukai para pimpinan TNI.

Pancasila ditekan menjadi Trisila, Trisila ditekan menjadi Ekasila, Ekasila adalah Gotong Royong. Gotong Royong sedang direalisasikan di Nasakom. Nasakom adalah singkatan dari Nasional, Religius dan Komunis.

Pemuda Muhammadiyah tidak mendapat tempat di Front Nasional karena menolak bergabung dengan Front Pemuda. Satu-satunya anggota front pemuda adalah organisasi pemuda yang berafiliasi dengan partai.

Untuk mengimbangi aktivitas internasional yang telah sampai ke kiri, umat Islam telah menyelenggarakan KIAA (Konferensi Islam Asia Afrika).

Berikut adalah cara untuk mendaftar KOKAM baik secara offline maupun online. Terus simak ulasan sebagai berikut!!

Cara Daftar KOKAM (Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah)

Cara Daftar KOKAM (Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah)

Ada beberapa cara untuk mendaftar sebagai anggota KOKAM. Dapat dilakukan secara offline maupun online, diantaranya ialah:

a. Daftar Offline

Untuk pendaftaran offline, Anda tinggal datang ke cabang Muhammadiyah di lingkungan tempat tinggal Anda nanti. Mungkin kantor Muhammadiyah sekarang mudah ditemukan.

  • Persiapkan terlebih dahulu sebelum persyaratan yang dibutuhkan.
  • Setelah selesai, Anda tinggal pergi ke cabang Muhammadiyah di kota Anda.
  • Segera menemui manajer cabang dan beri tahu dia tentang tujuan kedatangannya, yaitu untuk mendaftar sebagai anggota KOKAM.
  • Anda akan menerima instruksi nanti tentang apa yang harus dilakukan ketika Anda menjadi anggota.

b. Daftar Online

Dalam cara kedua yakni dapat mendaftar sebagai anggota secara online, ada kemungkinan metode ini bisa disebut sangat sederhana atau mudah. Jika Anda calon member KOKAM, Anda hanya perlu mengirimkan pesan pendaftaran online melalui WhatsApp.

Pendaftaran online ini berlangsung di Cileungsi, Bogor. Calon anggota hanya perlu mengirimkan pesan kepada pengurus atau kepala cabang KOKAM saat mendaftar.

Tidak hanya di Cileungsi tetapi juga di beberapa daerah di wilayah Indonesia yang telah membuka pendaftaran online untuk anggota KOKAM. Jelas bahwa setelah keanggotaan nanti harus memenuhi persyaratan dan mengikuti aturan yang ada.

Berbicara tentang anggota KOKAM, KOKAM bisa dikatakan sabar dan mempunyai semangat yang tulus untuk membantu sesama yang berbudi luhur. Sebagai aturan, anggota KOKAM tidak menerima gaji dan tidak dibayar oleh siapa pun.

KOKAM adalah salah satu peran layanan atau kelompok unit yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. Seperti diketahui, tugas anggota KOKAM sangat padat.

Fungsi dan Tugas KOKAM

Tentu banyak dari Anda yang sudah mengetahui tentang fungsi dan tugasnya, namun ada juga yang belum. Bagi yang belum memilikinya, fitur dan tugasnya menyusul.

Untuk fungsinya sendiri ada tiga hal, seperti memelihara persaudaraan Islam, pelestarian dan perlindungan negara kesatuan Republik Indonesia dan Pancasila, dan dukungan kemanusiaan.

Fungsi-dan-Tugas-KOKAM

Sedangkan NKRI dan Pancasila, termasuk Muhammadiyah, dilestarikan dan dilindungi karena Muhammadiyah merupakan aset penting NKRI.

Adapun tugas anggota KOKAM pasti sudah banyak yang mengetahuinya. Brikut ialah beberapa tugas dari KOKAM, yakni:

  • Mengamankan acara Kemuhammadiyahan yang sedang berlangsung.
  • Dapat membantu dan memberikan bantuan terhadap kalangan masyarakat yang membutuhkan misalnya ketika terjari bencana alam.

Syarat Menjadi Anggota KOKAM

Jika Anda ingin menjadi anggota KOKAM, Anda perlu mengetahui beberapa prasyarat. Dan berikut beberapa syarat untuk menjadi member KOKAM :

  • Warga Negara Indonesia.
  • Berusia minimal 17 tahun.
  • Sehat jasmani & rohani.
  • Apa seorang Muslim.
  • Mempunyai sikap sabar, rendah hati, jujur, dan suka menolong.
  • Penuh semangat dan tidak lemah.
  • Rajin ibadah.

KOKAM adalah organisasi yang bernaung di bawah MUHAMMDIYAH REMAJA dan tanggung jawab Muhammadiyah. KOKAM juga bekerja sama dengan instansi tim kesehatan, pertahanan, tim sar, dan tim keselamatan.

Baca Juga :

Itulah ulasan yang telah kami sampaikan secara jelas dan lengkap yakni mengenai Cara Daftar KOKAM. Semoga ulasan ini dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.

/* */
error: Semoga selamet panjang umur buat yang copy tanpa izin!!