Cara Investasi Bitcoin untuk Pemula 2022 Jangka Panjang Tanpa Modal

Cara Investasi Bitcoin – Bitcoin adalah kendaraan investasi yang populer. Aset cryptocurrency ini pertama kali dikembangkan dengan pencipta yang bernama Satoshi Nakamoto pada tahun 2009 untuk mengatasi beberapa kelemahan terbesar cryptocurrency.

Mata uang digital tersebut yakni mempunyai sebuah fungsi yang sama dengan mata uang biasa. Sebaliknya, Bitcoin hanya tersedia di dunia digital. Banyaknya investor yang melihat Bitcoin membuat kendaraan investasi ini semakin populer dan menguntungkan.

Selain itu, aset kripto ini telah disetujui oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) sebagai sarana investasi legal di Indonesia. Namun bitcoin belum menjadi alat pembayaran di negara tersebut.

Nah, dibawah ini akan kami sampaikan mengenai berbagai jenis informasi mengenai pengertian Bitcoin, bagaimana cara kerjanya, dan cara investasi dengan benar. Simak ulasan selengkapnya dibawah ini!!

Apa itu Bitcoin ?

Pengertian Bitcoin merupakan mata uang digital terdesentralisasi yang dibuat pada tahun 2009 oleh seorang pria dengan nama samaran Satoshi Nakamoto. Bitcoin menjanjikan biaya transaksi yang lebih rendah dibandingkan dengan mekanisme pembayaran online tradisional.

Mata uang digital merupakan sebuah jenis cryptocurrency karena telah menggunakan kriptografi agar tetap aman. Meskipun bitcoin dikenal sebagai mata uang, ia tidak mempunyai bentuk fisik.

Bitcoin yaknu hanyalah saldo yang disimpan dalam buku besar publik yang dapat diakses oleh siapa saja secara transparan. Mata uang ini digunakan terhadap adanya sebuah transaksi di Internet tanpa menggunakan perantara seperti layanan perbankan.

Sistem yang digunakan ialah P2P atau peer-to-peer, dimana sistem dapat digunakan tanpa storage dan administrator. Departemen Keuangan AS mengatakan Bitcoin merupakan mata uang terdesentralisasi.

Cara Investasi Bitcoin untuk Pemula

Cara-Investasi-Bitcoin

Tedapat sejumlah langkah yang dapat Anda ambil untuk mulai berinvestasi di Bitcoin, diantaranya ialah:

a. Mendaftar dan Membuka Akun di Exchange

Persyaratan utama untuk berinvestasi di Bitcoin adalah membuka akun di bursa. Bitcoin exchange atau pertukaran bitcoin adalah istilah untuk perusahaan yang menyediakan tempat khusus yang digunakan oleh investor dari berbagai negara untuk menukar bitcoin dengan mata uang fiat (dolar, yuan, euro, rupiah, dan lain sebagainya).

Pendaftaran terhadap sebuah akun Exchange yakni telah dilakukan secara online melalui aplikasi atau website. Untuk aplikasinya, Anda dapat mengunduhnya dari Google Playstore atau Apple Store.

Harap dicatat bahwa dalam apk Bitcoin ini tidak mempunyai sebuah perusahaan resmi yang secara khusus menjual aset kripto. Karena bitcoin merupakan sebuah teknologi open source, tetapi ada beberapa pertukaran berbeda yang memfasilitasi transaksi bitcoin. Pertukaran ini adalah pialang investasi cryptocurrency.

b. Mendapatkan Verifikasi KYC (Know Your Customer)

Setelah membuka akun di bursa, Anda perlu mendapatkan verifikasi KYC untuk memulai trading secara langsung. Verifikasi ini berguna untuk melindungi setiap peserta di bursa dan untuk memastikan bahwa kebijakan AML dijalankan dengan benar.

Secara umum, proses verifikasi KYC melibatkan mengunggah foto identitas asli yang unik, mengisi informasi pribadi, dan mengunggah foto selfie tanpa fitur wajah seperti topi atau kacamata. Data akan diproses dalam 1 hari kerja. Pastikan data yang diberikan dengan akurat dan benar.

c. Menentukan Pair Aset Kripto

Sebelum memulai adanya sebuah transaksi, yang harus kalian ialah memilih pasangan yang ingin Anda perdagangkan. Pair yang paling populer adalah bitcoin vs rupiah atau berapa harga bitcoin dalam rupiah. Pasangan ini setara dengan membeli mata uang asing, US$ hingga Rp, senilai 1 dolar sebanyak rupiah.

d. Melakukan Deposit

Dalam melakukan transaksi bitcoin, Anda perlu menyetor rupiah ke akun tertentu. Biasanya, setoran penukaran minimum berada pada kisaran Rp 30.000-50.000.

Akan tetapi, terdapat beberapa bursa yang mensyaratkan setoran minimum dengan harga lebih tinggi. Metode deposit yang ditawarkan oleh bursa termasuk transfer bank (rekening dan virtual account), PPOB, e-wallet, kartu debit, dan kartu kredit.

Selain itu, deposit dapat dilakukan dalam bentuk koin, baik Bitcoin, Ethereum atau jenis lainnya. Anda dapat melihat daftar koin yang diterima sebagai deposit di bursa tempat Anda membuka akun. Pertukaran mengeluarkan alamat dompet untuk mengirim koin dari bursa lain.

e. Memulai Transaksi Jual-Beli

Setelah Anda menentukan pasangan yang ingin Anda perdagangkan. Anda dapat melakukan pemesanan dengan memasukkan harga dan jumlah bitcoin yang ingin Anda beli. Selanjutnya kita lihat rupiah yang dibutuhkan. Pilih jenis pesanan, pelanggan atau produsen.

Saat Anda memilih penerima, pesanan segera ditempatkan pada harga pasar. Jumlah penyimpanan bitcoin segera diperbarui dan jumlah setoran rupiah dikurangi sesuai dengan jumlah pembelian.

Jika Anda memilih produsen, pesanan tidak akan langsung atau akan ditunda hingga sesuai dengan harga yang diinginkan. Selama tidak ada kecocokan, pesanan menunggu di “buku pesanan”.

Harap dicatat dalam adanya sebuah unit yang digunakan untuk membeli dan menjual bitcoin dapat memiliki hingga delapan digit di akhir titik desimal, yang sama dengan 0,00000001 BTC. Jadi Anda bisa memulai trading dengan jumlah kecil. Proses penjualan Bitcoin tidak berbeda dengan proses pembelian.

Namun, setelah eksekusi sukses, simpanan rupiah meningkat dan kepemilikan bitcoin menurun. Beberapa koin berharga ribuan dolar, tetapi pertukaran sering memungkinkan pembelian pecahan dari satu koin.

Itulah mengapa Anda dapat berinvestasi mulai dari $25. Jangan lupa untuk mengatur toleransi risiko dan strategi investasi Anda sebelum berdagang. Bitcoin dapat digunakan untuk transaksi atau disimpan dengan harapan nilainya akan meningkat.

f. Melakukan Withdraw

Penarikan bitcoin ke rupiah cukup sederhana yaitu dengan mengirimkan penarikan di aplikasi yang digunakan. Selain itu, Anda dapat membatalkan bitcoin yang disimpan di bursa dengan memasukkan alamat dompet tujuan pengiriman bitcoin.

Karena penukaran menggunakan jaringan perbankan untuk mengirim dana, maka proses penarikan rupiah memakan waktu maksimal 1 x 24 jam. Durasi atau kecepatan ditentukan oleh proses di bank.

Biaya yang diperlukan untuk penarikan dapat dilihat di setiap bursa. Selain itu, setiap bursa menetapkan jumlah penarikan minimum dan maksimum untuk rupiah dan koin kripto. Setiap bursa memiliki kebijakan yang berbeda.

g. Transfer Bitcoin

Bitcoin dapat ditransfer ke investor Bitcoin lainnya di bursa yang sama. Caranya adalah memasukkan alamat dompet yang ingin Anda kirim ke bursa atau tuliskan ID pengguna yang ingin Anda kirim ke bursa. Alamat dompet adalah jenis nomor rekening yang digunakan saat mentransfer uang.

Sistem Kerja Bitcoin

Seperti disebutkan di atas, Bitcoin menggunakan sistem P2P. Bitcoin menggunakan kriptografi untuk memberikan keamanan dasar, misalnya dalam penggunaannya hanya dapat digunakan oleh mereka yang memilikinya.

Jika ingin menggunakannya, pengguna perlu memasang dompet bitcoin di komputer atau perangkat seluler mereka. Kemudian alamat Bitcoin pertama akan dibuat secara otomatis. Seperti halnya email, pengguna dapat berbagi alamat bitcoin satu sama lain. Alamat bitcoin ini hanya boleh digunakan sekali.

Sistem-Kerja-Bitcoin

Kepemilikan bitcoin ini disimpan di PC menggunakan file walet atau walet yang disediakan oleh pihak ketiga, tanpa memerlukan identitas. Alias ​​​​Bitcoin dapat diperoleh dengan menggunakan identitas anonim.

Terdapat suatu catatan transaksi umum yang membentuk jaringan bitcoin andal yang disebut blockchain. Transaksi bitcoin yang dikonfirmasi disimpan di blockchain.

Wallet Bitcoin dapat menyimpan data sensitif yang disebut kunci pribadi atau benih, yang digunakan untuk menandatangani transaksi yang berfungsi sebagai bukti matematis kepada pemilik dompet.

Kemudian dalam sistem kerja bitcoin ada istilah mining. Penambangan adalah sistem yang digunakan untuk mengkonfirmasi antrian transaksi dengan memasukkannya ke dalam blockchain.

Proses ini mengkonfirmasi urutan kronologis blockchain, melindungi netralitas jaringan, dan membantu komputer menyetujui keadaan sistem. Penambangan juga dikenal sebagai lotere kompetitif untuk mencegah individu menambahkan blok baru ke blockchain.

Cara Membeli Bitcoin

Uang digital seperti Bitcoin dapat disimpan dalam dompet digital yang berada di server cloud atau di PC pemilik. Dompet mirip dengan rekening bank virtual yang memungkinkan pengguna melakukan transaksi atau investasi.

Selain bentuk transaksi, penambangan bitcoin adalah cara paling populer untuk mendapatkan bitcoin. Bahkan ada kompetisi untuk mendapatkan bitcoin di PC dengan memecahkan teka-teki matematika yang rumit.

Selain penambangan dan transaksi antar pengguna, bitcoin juga dapat diperoleh melalui perdagangan. Ada banyak perusahaan yang telah menjadi platform pasar yang terlibat dalam perdagangan bitcoin.

Baca Juga :

Demikianlah ulasan yang telah kami sampaikan mengenai Cara Investasi Bitcoin untuk Pemula 2022 Jangka Panjang Tanpa Modal. Semoga bermanfaat, terima kasih!!

/* */
error: Semoga selamet panjang umur buat yang copy tanpa izin!!