Gaji Barista Full Time Sampai Part Time di Indonesia, Intip Disini!!

Gaji Barista – Maraknya kedai kopi yang dimotori oleh anak muda Indonesia yang juga dikenal dengan franchise lokal atau asing, membuat para pengusaha di industri ini membutuhkan banyak barista.

Jadi berapa gaji seorang barista di sebuah kedai kopi? Pola konsumsi kopi yang sudah menjadi gaya hidup milenial juga membuat kedai kopi semakin digemari. Di Indonesia, konsumsi kopi terus meningkat setiap tahunnya, sehingga kebutuhan akan profesi barista kopi terus bertambah.

Namun, menjadi seorang barista bukanlah tugas yang mudah, Anda harus mempunyai sebuah jenis keterampilan untuk membuat minuman kopi yang menghasilkan rasa yang menyenangkan.

Barista merupakan salah satu pekerjaan yang diidamkan oleh anak muda atau adanya sebuah jenis generasi milenial. Barista terlihat asik sambil meracik kopi untuk para pengunjung yang nantinya akan datang.

Jadi berapa penghasilan barista? Nah, disini kami akan memberikan kepada kalian berbagai jenis informasi mengenai Gaji Barista Full Time Sampai Part Time di Indonesia. Simak ulasan selengkapnya sebagai berikut!!

Berapa Sih Gaji Barista Full Time Sampai Part Time ?

Tidak ada acuan yang jelas mengenai gaji seorang barista kopi di Indonesia, namun profesi barista kopi ini mirip dengan seorang pilot.

Semakin tinggi jam terbang dan semakin banyak adanya sebuah jenis pengalaman dan pengetahuan, semakin tinggi gajinya. Untuk barista pemula, besaran gaji yang didapat bisa sama dengan UMR (Upah Minimum Regional) masing-masing daerah.

Tetapi bila Anda bekerja di sebuah kedai kopi yang sudah mempunyai nama besar dan banyak pelanggan, Anda pasti akan mendapatkan gaji yang lebih tinggi. Bila Anda sudah mempunyai adanya sebuah sertifikat, pembayaran yang Anda terima tentu akan lebih tinggi.

Gaji-Barista

Bahkan, tak jarang barista dengan jam terbang tinggi mendapatkan penghasilan lebih karena sering diundang dalam acara talk show untuk mengisi acara sebagai pembicara kopi dan mengajarkan dasar-dasar pembuatan kopi.

Dan berdasarkan data dari website yang menginformasikan tentang lowongan dan lowongan, rata-rata gaji seorang barista adalah Rp 2.683.668 per bulan di Indonesia.

Perkiraan gaji didasarkan pada 214 gaji yang dikirimkan secara anonim kepada Indeed oleh karyawan dan pengguna Barista, yang dikumpulkan dari daftar pekerjaan di Indeed selama 36 bulan yang terakhir.

Sedangkan kisaran gaji terendah adalah Rp. 763.000 dan yang paling tinggi adalah Rp 5.763.000. Sedangkan bagi Anda yang sudah lama berkiprah dan mempunyai adanya sebuah jenis pengalaman terbang serta memiliki sertifikat blending kopi bisa meraup gaji antara Rp 7.000.000 hingga Rp 10.000.000.

Tanggung Jawab Seorang Barista

Tugas utama seorang barista adalah meracik kopi yang sangat nikmat. Akan tetapi, seorang barista yang bekerja di kedai kopi tidak hanya bertanggung jawab untuk membuat kopi, tetapi juga untuk merawat peralatan pengolahan biji kopi dan berkomunikasi dengan pelanggan.

Berikut adalah beberapa tugas dan tanggung jawab barista yang harus Anda ketahui:

  • Sajikan kopi secara manual atau dengan mesin.
  • Jaga agar meja bar dan area pengunjung tetap bersih.
  • Membuat minuman non-kopi untuk pelanggan yang tidak bisa minum kopi.
  • Jenis minuman non-kopi yang biasanya harus dikuasai barista adalah hot chocolate, mocktail, red velvet, tea, dan matcha latte.
  • Pengoperasian dan pemeliharaan peralatan pembuatan bir misalnya kerucut tuang, gelas, dan mesin espresso.
  • Menyapa dan berkomunikasi dengan pelanggan dengan ramah.

Barista juga dikenal sebagai seniman kopi yang tahu tentang kopi. Spesialisasi barista ialah dapat mendekorasi, menyiapkan, dan menyajikan berbagai jenis minuman kopi untuk pelanggan.

Kebanyakan barista dapat ditemukan di kafe atau kafe. Kafe adalah tujuan populer. Beberapa toko menawarkan kopi spesial, tempat Instagram-ready, dan WiFi untuk pembeli.

Kata barista dapat digunakan untuk wanita atau pria. Kata barista yakni berasal dari bahasa Italia yang berarti bartender. Baristi adalah bahasa Italia untuk pria dan bariste untuk wanita.

Kemudian kata barista diadopsi ke dalam bahasa Inggris, yang berarti “berubah”. Dalam bahasa Inggris, tugas seorang barista adalah menyiapkan dan menyajikan espresso.

Barista adalah pekerjaan profesional di kedai kopi. Barista ahli dalam menciptakan seni latte, yang menciptakan gambar di atas kopi. Menjadi seorang barista tidaklah mudah karena membutuhkan pengetahuan tentang kopi.

Bekerja sebagai barista membutuhkan pelatihan terlebih dahulu. Anda perlu tahu tentang proses roasting kopi, pembuatan espresso, perawatan mesin, dan pengetahuan lainnya.

Tugas Barista

Barista yakni pada umumnya bekerja di kedai kopi untuk mencampur minuman kopi misalnya cappuccino, espresso, dan latte. Proses pembuatan minuman ini membutuhkan pencampuran dan takaran untuk menciptakan rasa yang nikmat. Inilah tugas seorang barista:

  • Menyapa adanya seorang pelanggan dengan baik.
  • Menyiapkan dan menyeduh minuman kopi dari yang sederhana hingga yang kompleks.
  • Menerima adanya sebuah jenis pesanan minuman dan makanan.
  • Menyajikan dan menyiapkan makanan sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
  • Memberikan rekomendasi kepada pelanggan untuk pilihan menu.
  • Menjawab pertanyaan pelanggan tentang menu.
  • Menambahkan minuman dan menu baru.
  • Promosi menu baru untuk dipilih pelanggan.
  • Pastikan lingkungan kerja yang bersih.
  • Menerima pembayaran dari pelanggan.
  • Melakukan penilaian inventaris dan meningkatkan kualitas layanan.

Barista biasanya bekerja di kafe dan kedai kopi. Selain menyiapkan dan memblender kopi, ia juga bekerja sama dengan staf kafe lainnya.

Beberapa jenis barista profesional meluangkan waktu untuk mempelajari resep baru atau menyempurnakannya. Tujuannya adalah dalam menarik pelanggan untuk mencoba menu baru.

Persyaratan untuk Menjadi Barista Kopi

Setelah kalian memahami definisi dan tugas seorang barista, mungkin sebagian dari Anda tertarik dan ingin mencoba pekerjaan ini.

Selain itu, peluang kerja untuk menjadi barista semakin terbuka seiring dengan berkembangnya bisnis kopi akhir-akhir ini. Anda bisa menjadi barista yang handal dan berkarir sebagai pembuat kopi profesional.

Syarat menjadi barista cukup sederhana. Yang harus Anda lakukan adalah menguasai empat ilmu dasar, yang meliputi mengoperasikan mesin, menilai kualitas bahan, dan penggiling espresso, serta memblender kopi.

Dalam mempelajari empat ilmu dasar ini, Anda harus sabar, rajin, dan teliti. Akan lebih mudah jika Anda seorang pecinta kopi.

Bagaimana Anda bisa menjadi peminum kopi jika Anda tidak pernah minum kopi atau bahkan tidak menyukai kopi, bukan? Barista profesional bahkan harus menyeduh dua puluh cangkir kopi dalam sehari selama adanya sebuah jenis proses pelatihan.

Perkembangan Barista

Popularitas kopi yang terus meningkat setiap tahunnya sangat mempengaruhi popularitas dan otomatis meningkatkan pamor mesin kopi bernama barista.

Di negara-negara dengan budaya minum kopi yang tinggi, barista bahkan bisa mendapatkan upah per jam yang sangat bagus. Seperti barista di Australia, upah rata-rata per jam berkisar dari $35, diikuti oleh Oslo dan Norwegia dengan upah per jam sebesar $28. Sangat menjanjikan bukan?

Di sisi lain, dengan semakin banyaknya penikmat kopi dan maraknya dunia bisnis kopi, yang kemudian melahirkan kompetisi barista kelas dunia.

Kejuaraan Barista secara resmi dimulai di Norwegia, akan tetapi kejuaraan bergengsi yang sekarang lebih dikenal dengan WBC (World Barista Championship) ini rutin diadakan di negara lain setiap tahun.

Sebelum mengikuti kompetisi WBC, setiap kompetitor biasanya diharuskan mengikuti kompetisi yang sama di negaranya masing-masing dalam dapat masuk dan berpartisipasi dalam WBC.

Baca Juga :

Demikianlah ulasan yang sudah kami jelaskan tentang Gaji Barista Full Time Sampai Part Time di Indonesia, sekian dan terima kasih!!

/* */
error: Semoga selamet panjang umur buat yang copy tanpa izin!!