Gaji Damkar dan Tunjangan Berapa? Inilah Rincian Terlengkapnya!

Gaji Damkar – Pekerjaan seorang pemadam kebakaran cukup ekstrim karena melibatkan hidup memadamkan api. Ingin tahu berapa penghasilan seorang petugas pemadam kebakaran?

Menjadi petugas pemadam kebakaran atau firefighter adalah profesi yang sulit dan berisiko. Selain memadamkan api, petugas pemadam kebakaran juga berada di garis depan jika terjadi kebakaran untuk melindungi kehidupan dan mencegah dampak kerusakan.

Kesiapsiagaan dalam suatu pemadam kebakaran diperlukan tidak hanya pada saat terjadi kebakaran, tetapi juga pada saat terjadi bencana.

Petugas pemadam kebakaran juga bertugas mengevakuasi korban banjir, gempa bumi, dll. Bahkan tak jarang petugas pemadam kebakaran juga dipanggil untuk membantu penyelamatan hewan.

Melihat banyaknya pekerjaan yang dilakukan seorang petugas pemadam kebakaran, banyak orang yang penasaran dengan gaji yang didapatkan seorang petugas pemadam kebakaran.

Nah, dibawah ini adalah beberapa ulasan mengenai Gaji Damkar dan Tunjangannya, simak ulasan selengkapnya dibawah ini!!

Apa itu Damkar ?

Pemadam kebakaran atau bisa disebut dengan Damkar ialah pasukan yang bertanggung jawab untuk memadamkan api, menyelamatkan dan menangani bencana atau peristiwa lainnya.

Petugas pemadam kebakaran dilatih tidak hanya untuk menyelamatkan korban kebakaran atau memadamkan api, tetapi juga untuk menyelamatkan korban dalam bencana misalnya dalam suatu kecelakaan lalu lintas, banjir, bangunan runtuh, gempa bumi, dan lain sebagianya.

Selain itu, mereka juga ditugaskan untuk tugas penyelamatan yang tidak terkait dengan pemadaman kebakaran misalnya dalam mengevakuasi sarang lebah, menyelamatkan orang atau hewan yang terperangkap, menyelamatkan korban jiwa, menangani pohon tumbang, dan lain sebagainya.

Petugas pemadam kebakaran juga terkadang ditugaskan untuk mendidik warga sipil tentang kebakaran dan bagaimana meresponsnya. Pekerjaan pemadam kebakaran sangat terhormat. Akan tetapi, mereka yang telah memutuskan profesi ini juga harus mempertimbangkan risikonya.

Pertama, petugas pemadam kebakaran harus siap siaga setiap saat. Sebagian besar memiliki kesiapsiagaan 24 jam untuk kebakaran atau bencana tak terduga lainnya.
Untuk ini, petugas pemadam kebakaran tidak hanya harus kuat secara fisik, tetapi juga kuat secara mental. Jam kerja yang tidak aman juga membuat petugas pemadam kebakaran tidak bisa merencanakan liburan atau pergi seenaknya.

Akan tetapi, dalam semua rasa lelah itu terbayar ketika petugas pemadam kebakaran mampu menyelamatkan nyawa dari ancaman kebakaran.

Gaji Damkar

Profesi seorang pemadam kebakaran kini semakin mendapat perhatian. Petugas pemadam kebakaran juga dibayar dengan baik. Petugas pemadam kebakaran dibagi menjadi dua kelompok, petugas dan relawan.

Gaji seorang petugas pemadam kebakaran berkisar antara Rp 1.750.000 hingga Rp 4.000.000.

Seperti pekerjaan lain, petugas pemadam kebakaran menerima berbagai tunjangan, yakni tunjangan penitipan anak, tunjangan sakit, dan tunjangan liburan.

Pemadam kebakaran memiliki motto: Jangan pulang sebelum membunuh. Tugas utamanya adalah mencegah kebakaran, melaksanakan pemadaman kebakaran dan menyelamatkan nyawa dari ancaman kebakaran.

Gaji-Damkar-Perbulan

Meski disebut pemadam kebakaran, tugasnya tidak hanya terkait dengan kebakaran. Petugas pemadam kebakaran mempunyai sbeuah tugas tambahan misalnya dalam mengevakuasi sarang lebah, menyelamatkan hewan yang terperangkap, menyelamatkan korban bunuh diri, mengangkut pohon tumbang, dan sosialisasi masyarakat.

Petugas pemadam kebakaran biasanya bekerja untuk kotamadya. Untuk menjalankan profesi ini, calon petugas pemadam kebakaran harus berusia minimal 18 tahun dan mempunyai sertifikat pelatihan pemadam kebakaran.

Di negara Indonesia, profesi pemadam kebakaran yakni biasanya memiliki pendidikan minimal SMA. Tidak seperti di luar negeri, petugas pemadam kebakaran di Amerika Serikat, misalnya, diwajibkan untuk mendapatkan gelar sarjana dalam ilmu kebakaran.

Petugas pemadam kebakaran harus menguasai setidaknya berbagai keterampilan yang terkait dengan pekerjaannya. Anda harus dapat mendidik warga tentang manajemen darurat, manajemen bahan berbahaya, pencegahan kebakaran, investigasi kebakaran, dan perencanaan keselamatan kebakaran.

Tunjangan Petugas Damkar

Tunjangan-Petugas-Damkar

Tidak hanya mereka dibayar, petugas pemadam kebakaran menerima uang tambahan dari layanan yang mereka terima. Manfaat pemadam kebakaran juga sangat beragam, yakni:

1. Tunjangan Golongan

Selain itu, tunjangan kelas hanya tersedia untuk petugas pemadam kebakaran yang merupakan pegawai negeri. Perbedaan PNS juga terlihat pada tunjangan kelas. Pemadam kebakaran dengan status kehormatan tidak diperbolehkan untuk mendapatkannya.

2. Tunjangan Kesehatan

Dalam tunjangan selanjutnya Tunjangan Kesehatan, yang merupakan manfaat wajib bagi petugas pemadam kebakaran. Dalam tunjangan ini sangat berguna mengingat resiko bekerja saat bertugas. Ketika hal yang tidak terduga terjadi, maka tunjangan ini sangat berguna.

3. Tunjangan Hari Raya

Seperti pekerja lainnya, petugas pemadam kebakaran selalu mendapatkan THR atau bisa disebut dengan Tunjangan Hari Raya. Jumlah tunjangan ini tergantung pada area layanan kebakaran tempat petugas pemadam kebakaran bekerja.

4. Tunjangan Lainnya

Selain itu, petugas pemadam kebakaran dapat menerima manfaat lain. Hal ini tergantung pada wilayah atau wilayah kerja.

5. Tunjangan Pendidikan Anak

Selain tunjangan kesehatan dan pendidikan, petugas pemadam kebakaran juga menerima tunjangan anak yang diperuntukkan bagi anak-anak petugas pemadam kebakaran dengan tujuan untuk pendidikan.

Macam-Macam Tugas Damkar

Masih banyak lagi tugas petugas pemadam kebakaran yang kurang dipahami oleh masyarakat, sebagian besar masyarakat hanya memahami bahwa tugas petugas pemadam kebakaran adalah memadamkan api.

Nah, dibawah ini adalah beberapa penjelasan mengenai macam-macam tugas Damkar, diantaranya ialah:

1. Pemadaman

Pemadaman merupakan tugas pemadam kebakaran yang paling umum diketahui masyarakat. Dalam tugas pemadaman ini dilakukan pada kebakaran dan berbagai penyebab kebakaran misalnya dalam kebakaran listrik, kebakaran SPBU, atau kebakaran pada bangunan permanen dan semi permanen.

2. Pencegahan

Yang dimaksud dengan pencegahan ialah petugas pemadam kebakaran menyebarkan penyebab kebakaran, mensosialisasikan pentingnya kebakaran, mencegah kebakaran dan memadamkan kebakaran dini (kebakaran kecil) di masyarakat baik di Tingkat RW, RT, Kelurahan dan Kabupaten.

Dengan dilakukannya sosialisasi ini diharapkan masyarakat dapat memahami bagaimana cara penanganan kebakaran jika terjadi kejadian yang tidak diinginkan misalnya dalam kecelakaan dan tiba-tiba api datang.

3. Penyelamatan

Ada berbagai jenis misi penyelamatan misalnya dalam mengevakuasi hewan, menyelamatkan korban tenggelam, termasuk hewan liar atau bukan, dan mengevakuasi dengan melepas cincin yang tertancap di jari.

Ada juga evakuasi pohon tumbang, pertolongan pertama korban kecelakaan, evakuasi sarang lebah, dan berbagai keadaan darurat lainnya.

Tugas tersebut yakni memang sudah jarang diketahui masyarakat umum, karena adanya sebagian besar dari mereka hanya mengetahui tugas petugas pemadam kebakaran, yaitu memadamkan api.

Makanya, sangat penting untuk mengedukasi masyarakat tentang tugas petugas pemadam kebakaran agar masyarakat mengetahui apa yang harus dilakukan ketika menghadapi kebakaran atau keadaan darurat lainnya.

Prosedur untuk menghubungi pemadam kebakaran dan layanan darurat lainnya adalah menelepon 911 dan melaporkan kejadian tersebut, kemudian memberikan alamat kejadian dan memberikan nomor telepon pihak yang akan dihubungi di tempat.

Memanggil petugas pemadam kebakaran tidak gratis, para petugas pemadam kebakaran dibayar oleh Pemprov DKI Jakarta untuk membantu masyarakat DKI Jakarta.

Kami berharap dengan memajukan ilmu pengetahuan kita dapat menciptakan rasa aman bagi diri kita sendiri dan masyarakat sekitar.

Baca Juga :

Demikianlah ulasan yang sudah kami jelaskan mengenai Gaji Damkar dan Tunjangannya, sekian dan terima kasih!!

/* */
error: Semoga selamet panjang umur buat yang copy tanpa izin!!