Gaji Ground Staff Bandara

Gaji Ground Staff Bandara – Apakah Anda ingin mencoba peruntungan dengan menaiki bergabung di penerbangan sebagai karyawan maskapai? Informasi inilah yang kalian tunggu-tunggu bukan?

Gaji yang Anda peroleh setiap bulannya sendiri tergantung apakah Anda ingin bekerja nanti. Karena pada akhirnya Anda tidak mendapatkan banyak tanggung jawab, tetapi perusahaan tidak memberi Anda gaji yang sama dengan apa yang Anda bawa.

Saldo gaji ini juga berlaku jika Anda bekerja di dunia penerbangan. Tentu saja jika Anda berhenti dari pekerjaan lama Anda, Anda akan sangat tidak bahagia, tetapi ternyata nominal gaji yang Anda peroleh lebih kecil dari pekerjaan Anda sebelumnya.

Sama halnya dengan dunia pelayaran, dunia penerbangan yakni mempunyai suatu daya tarik tersendiri untuk menapaki jenjang karir. Karena profesi di dunia penerbangan cukup banyak.

Profesi tersebut antara lain pilot, mekanik/teknisi, co-pilot, engineer, FOO, flight assistant, flight crew dan lain-lain. Pekerjaan yang banyak diminati muncul ketika ada rekrutmen.

Mungkin salah satu faktor yang keluar dari gaji perusahaan sangat menggiurkan. Terutama jika Anda dapat memegang posisi kunci di perusahaan atau maskapai penerbangan yang terbuka untuk perekrutan.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan mempublikasikan informasi mengenai gaji pegawai bandara. Mungkin banyak orang yang bertanya tentang gaji pada posisi atau jabatan tersebut, terutama bagi Anda yang akan mendaftar. Berikut ialah penjelasan secara jelas dan lengkap!!

Apa itu Ground Staff Bandara ?

Ground Staff Bandara adalah salah satu pekerjaan di dunia penerbangan. Staf lapangan juga bisa disebut dengan pasasi, staf penerbangan, staf ground handling, ground handling, staff bandara, staff airlines, atau pramugari.

Gaji Ground Staff Bandara

Setelah Anda mengetahui apa itu ground staff, tentunya Anda atau ground staff akan menanyakan tentang gaji yang Anda peroleh selama bekerja. Kecuali gajinya sangat berbeda dengan gaji petugas parkir pesawat.

Omong-omong soal gaji, Ground Staff nantinya bisa mendapatkan gaji kurang lebih Rp.3.000.000,- itupun untuk gaji yang baru bergabung di ground staff. Mereka yang sudah lama dan berpengalaman tentu mendapatkan gaji yang lebih tinggi.

Gaji-Ground-Staff-Bandara

Dimana senior bisa mempunyai gaji hingga Rp. 4-6 juta. Jadi bisa dikatakan gaji pekerja lapangan bisa mencapai Rp. 50-60 juta rupiah per tahun. Tidak heran jika tenaga penjualan memiliki begitu banyak peminat.

Jumlah tersebut hanya gaji pokok, tidak termasuk tunjangan kinerja, bonus, kehadiran, dan tunjangan kerja. Jadi bisa dikatakan gaji mungkin masih lebih tinggi dari perkiraan.

Selain itu, gaji sales representative di setiap maskapai di Indonesia juga berbeda-beda. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi hal tersebut, misalnya tempat kerja (bandara), posisi, lokasi, dan maskapai penerbangan.

Tugas Ground Staff Bandara

Orang-orang dengan posisi ground staff akan bekerja di bandara. Nantinya, ground staff akan bertanggung jawab penuh atas semua kegiatan di bandara.

Oleh karena itu, petugas lapangan harus dapat melayani penumpang sebelum keberangkatan atau sebelum penerbangan atau setelah pelayanan terakhir.

Oleh karena itu, ground staff ini sangat penting. Selain itu, umumnya ada tugas lain yang harus dilakukan oleh ground staff, diantaranya ialah:

a. Checking Counter

Checking Counter merupakan perwakilan ground staff yang mempunyai tugas untuk mencetak boarding pass. Semua penumpang yang nomor kursi, nama, jadwal, kamar boarding dan kodenya diverifikasi sesuai dengan identitas yang digunakan akan diverifikasi.

b. Boarding Gate

Ground staff di daerah tersebut mempunyai suatu tugas di depan pintu dan di pondok pesantren. Nantinya, petugas ground staff akan memantau penumpang yang melakukan suatu penerbangan.

Ground staff akan memeriksa kembali boarding pass setiap penumpang dan membandingkan identitas mereka. Selain itu, penumpang dipantau agar bisa tetap berada di dalam kamar tanpa meninggalkan penumpang.

c. Lost and Found

Di bagian selanjutnya, ground staff akan bertugas di terminal kedatangan dan memeriksa barang-barang penumpang setelah penerbangan berlangsung. Layanan lapangan ini akan mencocokkan bagasi penumpang dan pengembalian.

d. Ticketing

Tenaga penjualan tiket (penjual tiket) kemudian ditugaskan untuk melayani penumpang menggunakan tiket yang dikeluarkan. Selain itu, tugas di posisi ini adalah melayani pemesanan tiket secara langsung, atau dengan melalui media sosial, telepon, atau lainnya.

e. Services

Ground staff dalam bagian ini wajib mendampingi dan melayani setiap penumpang berkebutuhan khusus. Bantuan ini dimulai di bandara hingga naik ke pesawat.

Itu tidak hanya diberikan kepada orang-orang dengan kebutuhan khusus, tetapi juga bertanggung jawab untuk anak-anak kecil yang sakit. Mungkin perwakilan lapangan perlu lebih bersabar di bagian ini.

f. Transfer Desk

Transfer Desk adalah bagian dari tenaga penjualan bandara, yang menjaga dan mendukung penumpang yang dibawa ke bandara. Penumpang yang ditunjuk adalah orang yang turun dari pesawat dan melanjutkan perjalanan dengan pesawat lain.

Tunjangan Pegawai Bandara

Meskipun gaji pokok pegawai bandara cukup tinggi. Selain itu, untuk hari tertentu dan jangka waktu tertentu, mereka biasanya masih memperoleh penghasilan di luar gaji pokok.

Karyawan bandara juga menerima banyak fasilitas dan insentif misalnya tunjangan transportasi, tunjangan lisensi dan penilaian, tunjangan makan, tunjangan keluarga, tunjangan pensiun, tunjangan liburan, insentif produksi, kelahiran, sumbangan perkawinan, dan kematian.

Jika Anda ingin menjadi pegawai bandara yang kompeten, ada baiknya memilih magang sejak awal dengan kualifikasi yang sesuai dengan pekerjaan yang Anda tuju.

Karyawan atau karyawan bandara akan puas dengan gaji tinggi dan tugas bergengsi, sehingga proses perekrutan tidak main-main. Perekrutan pegawai bandara biasanya dikaitkan dengan persyaratan yang ketat dengan kualifikasi tertentu.

Besar atau kecilnya pendapatan mereka sangat tergantung pada usaha, kesabaran dan kemampuan untuk terus meningkatkan keterampilan dan kualifikasi mereka.

Baca Juga :

Itulah ulasan yang telah kami sampaikan secara jelas dan lengkap yakni mengenai Gaji Ground Staff Bandara. Semoga ulasan ini dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.