Gaji Lulusan Poltekip – Tunjangan dan Syarat Masuk Poltekip Terbaru 2022

Gaji Lulusan Poltekip – Masuk sekolah formal bisa menjadi salah satu impian banyak anak di Indonesia. Terutama bagi anak-anak yang sebentar lagi memiliki ijazah SMA atau gelar yang sederajat.

Banyak kalangan siswa yang mungkin memimpikan hal ini karena jika bersekolah di sekolah formal, memiliki peluang dan prospek kerja yang sangat baik. Misalnya, kalian bisa langsung diangkat menjadi PNS setelah berhasil menyelesaikan sekolah kedinasan.

Sebab, seperti yang sudah Anda ketahui, PNS yakni mempunyai gaji yang terjamin dan dikenal memiliki jumlah yang fantastis.

Nah, kali ini antam.co.id akan menginformasikan tentang gaji orang yang telah menyelesaikan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip).

Mungkin banyak yang penasaran dan memikirkan gaji bulanan yang mereka terima dari lulusan Poltekip. Mungkin pertanyaan seperti itu adalah pertanyaan yang sering Anda tanyakan.

Nah, pembahasan kali ini akan kami jelaskan kepada Anda mengenai berapasih gaji yang didapatkan ketika di Poltekip? Kalian pasti bertanya-tanya bukan? Untuk ulasan selengkapnya simak penjelasannya dibawah ini!!

Apa itu Poltekip ?

Sebelum berbicara tentang gaji atau penghasilan dari lulusan sekolah kedinasan poltekip, perlu dipahami dulu apa itu poltekip. Supaya jelas nantinya dan bisa menentukan dimana lowongannya.

Poltekip merupakan salah satu sekolah resmi yang berada di bawah naungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI (Republik Indonesia). Sebelumnya, Poltekip mempunyai AKIP (Akademi Ilmu Pemasyarakatan) yang didirikan di tahun 1964.

Di manapun ada sekolah formal, banyak yang berharap bisa menghasilkan SDM (Sumber Daya Manusia)yang memiliki kualitas yang nantinya bisa bekerja di pemerintahan.

Selain itu, juga bertujuan untuk menduduki jabatan fungsional dan strategis di lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

Mungkin masih banyak yang belum tahu tentang jurusan Poltechim. Mendengar nama Poltekim mungkin banyak yang belum tahu.

Poltekim adalah singkatan dari Politeknik Imigrasi, atau Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dan lembaga pendidikan resmi Kementerian Hukum.

Politeknik sebenarnya sudah ada sejak lama yakni pada tahun 1962. Kampus perguruan tinggi ini terletak di Depok, Jalan Raya Gandul Cinere, Provinsi Jawa Barat.

Sejarah Poltekim

Politeknik Imigrasi didirikan pada tahun 1962. Tujuannya adalah untuk menciptakan sumber daya manusia yang handal di bidang keimigrasian yang selanjutnya akan diarahkan sebagai pimpinan di Hak Asasi Manusia, Kementerian Hukum, dan Dinas Keimigrasian Republik Indonesia.

Sejarah-Poltekim

Sekolah-sekolah resmi yang menggunakan sistem loyalitas resmi ini telah berhenti beroperasi. Kemudian dibuka kembali pada tahun 2000. Poltekim adalah jurusan yang populer dan ditujukan untuk banyak orang dengan beberapa kelebihan dan kekurangan.

Agar tidak kalah dengan program studi terbaik di kampus, jurusan Poltechim akan menawarkan lulusan masa depan yang cerah.

Dia menerima program pinjaman formal dengan bekerja langsung dengan kantor imigrasi di negara lain atau layanan imigrasi di negara itu.

Kelebihan dan Keuntungan Kuliah di Politeknik

Sekolah formal di Indonesia memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Begitu juga dengan sekolah resmi Poltekim. Di bawah ini adalah beberapa pro atau kontra kuliah di kampus Politeknik Imigrasi, diantaranya ialah:

1. Gratis

Biaya pendidikan kini meningkat setiap tahun. Ini menjadi beban bagi sebagian orang. Selain itu, biaya pelatihan lebih tinggi untuk kursus tertentu.

Misalnya, kedokteran, belajar perminyakan, dan lainnya yang tidak membutuhkan banyak uang. Namun, terdapat beberapa universitas yang menawarkan berbagai jenis layanan pendidikan gratis, yakni Sekolah Dinas Poltekim.

Kehadiran sekolah resmi di Poltekim gratis. Pelajar dan mahasiswa tidak dipungut biaya apapun selama belajar di kampus ini. Hal ini bermanfaat bagi Anda yang ingin kuliah di Politeknik Imigrasi.

Mahasiswa yang kuliah di Poltekim disebut juga Politeknik Imigrasi Tarunas, dimana seluruh dana pendidikan untuk setiap mahasiswa menjadi tanggung jawab Hak Asasi Manusia dan Kementerian Hukum.

Namun, setelah lulus tidak perlu bingung mencari pekerjaan karena mereka akan ditempatkan di Layanan Imigrasi Hak Asasi Manusia dan Departemen Kehakiman.

2. Perlengkapan Gratis

Selain gratis biaya kuliah atau SPP di Poltekim, pihak universitas juga memberikan layanan gratis kepada taruna atau taruna terkait seragam, atribut, dan perlengkapan lainnya.

Mahasiswa dan mahasiswa tidak perlu membeli seragam. Semuanya diberikan secara cuma-cuma dari ujung rambut hingga ujung kaki oleh pemerintah.

3. Banyak Pilihan Jurusan

Kuliah di Politeknik Imigrasi juga memiliki banyak pilihan penting. Berikut ialah beberapa jurusan Poltechim yang dapat kalian pilih, diantaranya ialah:

  • Jurusan Keimigrasian D3
  • Administrasi Keimigrasian D4
  • Manajemen Teknologi Keimigrasian D4
  • Hukum Keimigrasian D4

Gelar yang diperoleh setelah kuliah di Poltekim ialah bernama Sarjana Imigrasi Terapan.

4. Makan Gratis

Salah satu aspek yang perlu diperhatikan dan sangat memakan biaya ialah biaya katering bagi taruna atau taruna selama masa studinya. Akan tetapi, Poltekim berbeda dalam universitas lain.

Politeknik Imigrasi ini telah menawarkan makanan gratis untuk taruna dan taruna. Makanan itu tidak disengaja. Tapi sebenarnya makanan bergizilah yang membuat tubuh kuat dan sehat.

5. Ikatan Dinas

Poltekim merupakan perguruan tinggi negeri milik Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dan Kementerian Hukum. Perguruan tinggi negeri ini menjadi favorit banyak lulusan SMA karena program pinjaman resminya.

Sehingga mudah untuk mencari posisi sebagai calon Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia setelah lulus di kampus.

Jabatan yang akan diduduki dengan lulusan Poltekim bisa di unit pelayanan keimigrasian di seluruh Indonesia atau bahkan sebagai analis keimigrasian.

6. Layanan Serba Bisa

Lembaga Pendidikan Poltekim menawarkan fasilitas yang cukup lengkap kepada mahasiswa selama menempuh pendidikan di Poltekim.

Misalnya ruangan atau tempat ibadah yang nyaman seperti masjid, laboratorium praktik yang modern dan lengkap tentang masalah migrasi, lapangan olah raga, perpustakaan, laboratorium komputer, ruang budaya, dan fasilitas lainnya.

Gaji Lulusan Poltekip

Gaji lulusan Poltekip bisa disebut sangat variatif dan beragam. Karena nantinya dalam lulusan Poltekip yang sudah menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil) mendapatkan gaji sesuai dengan golongan dan masa kerjanya.

Misalnya, lulusan Poltekip yang sudah menjadi PNS dan yakni mempunyai GROUP 3A dapat disebutkan gaji pokok Rp. 3.590.000/bulan. Sama seperti gaji satpam dengan gelar sarjana teknik, gajinya juga menggiurkan.

Gaji-Lulusan-Poltekip

Dan itu hanya gaji pokok, bukan tunjangan tambahan yang bisa menambah gaji bulanan Anda. Jadi bisa dibilang gaji bulanan yang ada lebih tinggi dari pembebasan pajak.

Dilihat dari gajinya dapat dikatakan gaji lulusan poltekip sama dengan gaji lulusan Poltekim, STAN, STIS, STTD atau lulusan sekolah kedinasan lainnya. Dimana nanti tergantung masa kerja dan golongannya.

Semakin lama Anda bekerja, semakin tinggi gaji pokok Anda. Sebagai PNS (Pegawai Negeri Sipil), diketahui bahwa sebenarnya gaji dari kelas, jam kerja dan bonus kinerja lainnya meningkat.

Tunjangan Kerja Lulusan Poltekip

Dengan tunjangan tersebut yakni akan memungkinkan untuk meningkatkan gaji bulanan lulusan Poltekip yang telah menjadi PNS. Berikut ini adalah beberapa rincian mengenai tunjangan:

  • Tunjangan Suami/Istri (5% dari gaji pokok)
  • Tanggungan Kinerja (Tukin)
  • Tunjangan Uang Makan
  • Perjalanan Dinas
  • Tunjangan Anak (2% dari gaji pokok)
  • Tanggungan Beras
  • Tunjangan Jabatan

Dari penjelasan di atas dalam manfaat kinerja atau biasa disebut tukin, adalah beberapa yang paling besar. Bonus kinerja tertinggi sebesar Rp. 99.720.000 untuk pegawai negeri sipil dengan jabatan struktural Eselon I dengan pangkat 26.

Tukin terendah sendiri adalah Rp. 5.361.800, yang diberikan kepada PNS dengan jabatan manajerial atau pangkat 4. Yang terendah bisa disebut cukup tinggi bahkan lebih tinggi dari gaji pokok.

Mengetahui gaji pokok dan tunjangan Anda sendiri dapat membantu Anda menyimpulkan total gaji bulanan lulusan perguruan tinggi.

Besar kemungkinan total gaji lulusan perguruan tinggi bisa mencapai Rp 10 juta per bulan jika digabungkan antara gaji pokok dan tunjangan.

Baca Juga :

Itulah ulasan yang telah kami sampaikan secara lengkap tentang Gaji Lulusan Poltekip. Semoga ulasan ini dapat berguna bagi Anda.