Gaji Masinis Kereta Api Perbulannya Tahun 2022 Update Terbaru!!

Gaji Masinis Kereta Api – Masinis yakni dapat bertanggung jawab dalam mempercepat, memperlambat, menghentikan kereta api, mencermati semboyan, mematuhi sinyal kereta api hingga bisa dikatakan masinis ialah kepala dari suatu perjalanan.

Seorang masinis yakni masih menjadi pilihan favorit pelamar di PT KAI dengan jumlah yang ribuan pelamar dalam waktu rekrutment. Hasilnya tidak semua pelamardapat menjadi masinis dan memiliki kualitas yang unggul.

Sebagai perusahaan kolonial, sebagian besar perkeretaapian di Indonesia memiliki dua tujuan yakni satu strategis dan satu ekonomi. Padahal, syarat hibah NIS itu antara lain membangun rel kereta api ke Ambarawa, tempat berdirinya benteng bernama Willem I (mengikuti nama Raja Belanda).

Jalur kereta api nasional pertama dibangun melalui pegunungan di Jawa Selatan, kecuali daerah datar di Jawa Utara, sebagai bentuk alasan strategis yang sama. Jalur kereta api nasional di Jawa menghubungkan Anyer (jalur barat) dengan Banyuwangi (jalur timur).

Nah, kira-kira berapa sih gaji Masinis Kereta Api Perbulannya? Untuk tau informasi selanjutnya silahkan simak pembahasannya sebagai berikut!!

Sejarah PT Kereta Api Indonesia

Sejarah perkeretaapian di wilayah Indonesia ini yakni telah dimulai ketika jalur kereta api pertama dibuka di desa Kemijen oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda.

Konstruksi dilakukan dengan perusahaan swasta NV. NISM dengan ukuran 1435 mm. Pada akhir tahun 1928, panjang rel dan trem di Indonesia adalah 7.464 km, dengan angka untuk kereta api negara 4.089 km dan kereta api swasta 3.375 km.

Dalam tahun 1942, pemerintah Hindia Belanda menyerah tanpa syarat kepada Jepang. Pada masa pendudukan Jepang, operasi perkeretaapian diprioritaskan untuk kepentingan perang saja.

Salah satu jenis perkembangan zaman Jepang adalah penyeberangan Muaro-Pekanbaru dan Saketi-Bayah dalam suatu pengangkutan jenis hasil tambang batubara untuk mengoperasikan mesin perang.

Sejarah-PT-Kereta-Api-Indonesia

Akan tetapi, Jepang juga membongkar rel sepanjang 473 km, yang diangkut ke Burma untuk membangun rel di sana. Setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945, beberapa hari kemudian stasiun kereta api dan markas besar pendudukan Jepang diduduki.

Puncaknya ialah pada pengambilalihan Kantor Pusat Kereta Api Bandung pada tanggal 28 September 1945 (sekarang diperingati sebagai Hari Kereta Api Indonesia).

Ini sekaligus menandai berdirinya Dinas Perkeretaapian Republik Indonesia (DKARI). Ketika Belanda kembali ke Indonesia pada tahun 1946, Belanda memperbaiki perkeretaapian di Indonesia.

Karena kesepakatan damai pada Konferensi Meja Bundar (KMB) pada Desember 1949, pemerintah Hindia Belanda mengambil alih aset tersebut. Dialihkan dalam bentuk penggabungan antara DKARI dan SS/VS menjadi Djawatan Kereta Api (DKA) pada tahun 1950.

Di 25 Mei, DKA berubah menjadi PNKA (Perusahaan Kereta Api Negara). Tahun itu, lambang Wahana Daya Pertiwi diperkenalkan untuk mewakili transformasi suatu perkeretaapian Indonesia.

Sebagai andalan transportasi, untuk mewujudkan kesejahteraan bangsa. Selain itu, pada tahun 1971 pemerintah mengubah struktur PNKA menjadi Perusahaan Kereta Api (PJKA).

Untuk meningkatkan pelayanan transportasi, PJKA berubah bentuk menjadi Perusahaan Kereta Api Umum (Perumka) pada tahun 1991. Perumka lahir di Perusahaan Terbatas, PT. Perkeretaapian Indonesia (Persero) pada tahun 1998.

Gaji Masinis Kereta Api Perbulannya

Bekerja di BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yakni tentu menarik perhatian para pencari kerja, apapun bidang usahanya. Tak terkecuali lowongan di PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Betapa tidak, terdapat begitu banyak jenis pekerjaan di KAI yang menawarkan gaji menjanjikan. Selain tunjangan dan gaji, bekerja di KAI juga akan menjadi pegawai negeri sipil (ASN).

Maka dari itu, tidak heran bila sebuah perusahaan ini sangat diminati dengan para pencari kerja. Lulusan baru dan profesional akan bergabung dengan KAI karena reputasi perusahaan dan gaji yang dijanjikan.

Gaji-Masinis-Kereta-Api-

Faktanya, pendapatan yang ditawarkan untuk posisi tertentu tidak dilestarikan. Ada beberapa jabatan di BUMN yang gajinya fantastis.

Salah satunya, di Persero (PT Kereta Api Indonesia). Pencari kerja sering mencari lowongan di perusahaan milik negara di bidang transportasi.

KAI yakni telah menawarkan gaji antara Rp 3 hingga Rp 5.000.000 per bulan, belum termasuk beberapa tunjangan lain seperti tunjangan kinerja, transportasi anak dan pasangan.

Bahkan, KAI menawarkan gaji sekitar Rp 13.000.000 untuk posisi masinis, yakni level masinis. Untuk level manajemen hingga manajer senior, gajinya berkisar antara Rp 18.000.000 sampai hampir Rp 30.000.000.

Tunjangan Masinis Kereta Api

Gaji Rp. 12.000.000 itu sudah termasuk gaji pokok dan tunjangan yang diterima dari masinis. Gaji ini yakni telah tergantung pada tingkat pendidikan dan tunjangan yang diterima.

Posisi masinis PT KAI terbuka untuk lulusan universitas hingga diploma. Gaji pokok Rp. 8-10 juta di setiap bulan. Selain gaji pokok, pengemudi juga mendapat tunjangan istri dan anak sebesar 10% dari total gaji pokok per orang, maksimal 3 orang anak.

Mesin juga menerima tunjangan kerja mulai dari Rp 200.000 hingga Rp 600.000. Manfaat khusus untuk posisi ini, tergantung pada tingkat pendidikan dan masa kerja. Selain itu, ada juga tunjangan perjalanan dinas sebesar Rp. 375.000.

Mesin juga harus menghadapi risiko kerja yang tinggi, karena keselamatan orang dipertaruhkan. Oleh karena itu, insinyur juga mendapatkan tunjangan risiko khusus sekitar Rp 1 juta per bulan.

Sedangkan tunjangan lain yang diterima masinis adalah tunjangan kerja struktural, bonus badan KAI tergantung tunjangan tempat tinggal, jabatan, kebugaran, transportasi, penampilan dan rekreasi.

Beragamnya keuntungan yang ditawarkan membuat profesi yang satu ini menjadi incaran banyak orang. Ini akan sangat menguntungkan.

Persyaratan Menjadi Mesin PT KAI

PT Kereta Api Indonesia (Persero) (disingkat KAI atau PT KAI) adalah sebuah perusahaan milik negara Indonesia yang menyediakan jasa angkutan kereta api.

Jasa PT KAI meliputi angkutan orang dan barang. Pada akhir Maret 2007, DPR memerintahkan revisi Undang-Undang Nomor 13 Tahun 1992, Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2007.

Hal ini menegaskan bahwa investor swasta dan pemerintah daerah diberi kesempatan untuk mengelola layanan transportasi kereta api di Indonesia.

Dengan demikian, undang-undang tersebut secara hukum mengakhiri monopoli PT KAI atas penyelenggaraan perkeretaapian di Indonesia.

Persyaratan dalam menjadi Masinis PT KAI tidak begitu sulit. Padahal, tingkat pendidikan yang dibutuhkan tidak terlalu tinggi.

Tak heran bila dalam sebuah jenis profesi ini sangat diminati. Telah diberitakan di situs resmi KAI bahwa persyaratan untuk menjadi masinis PT KAI adalah:

  • Harus WNI (Warga Negara Indonesia).
  • Dalam pelatihan tingkat diploma, usia minimum adalah 20 tahun dan usia maksimum adalah 30 tahun.
  • Untuk pendidikan tinggi, usia minimal 18 tahun dan maksimal 25 tahun.
  • Pria dinyatakan dalam kondisi fisik dan mental yang baik.
  • Bebas narkoba.
  • Terdidik dengan baik.
  • Tidak ada tindikan.
  • Tidak ada hubungan suami istri dengan karyawan PT KAI.
  • Siap ditempatkan dimana saja di Indonesia.

Ini adalah perkiraan gaji mesin 2022 dan yang terbaru. Gaji yang tinggi dan persyaratan pendidikan yang rendah membangkitkan minat banyak orang dalam profesi ini.

Baca Juga :

Demikianlah ulasan yang telah kami sampaikan mengenai Gaji Masinis Kereta Api Perbulannya Tahun 2022 Update Terbaru!! Sekian dan terima kasih!!

/* */
error: Semoga selamet panjang umur buat yang copy tanpa izin!!