Gaji Pegawai BUMN Besar Sekali, Ada yang Ratusan Juta!! Wahh Gede!!

Gaji Pegawai BUMN – Bekerja di BUMN (Badan Usaha Milik Negara) dengan gaji yang tinggi tentu menjadi impian. Terutama bagi para pencari kerja yang baru saja lulus kuliah. Pasalnya, gaji yang didapatnya cukup tinggi meskipun baru menjadi fresh graduate.

Ada beberapa faktor mengapa bekerja di BUMN menjadi impian? Mengejar karir di BUMN mempunyai jenjang yang terjamin dan jelas.

Selain itu, ada fasilitas terjamin. Tidak ada keraguan bahwa pekerjaan di BUMN ini telah menjadi direbutan.

Selain pembukaan CPNS, lowongan kerja untuk BUMN selalu ditunggu oleh para pencari kerja. Maklum, tawaran gaji tinggi untuk BUMN membawa banyak godaan. Siapa sih yang tidak mau ada pekerjaan yang bisa menjamin semua tunjangannya?

Kami akan mejelaskan secara jelas dan lengkap yakni mengenai Gaji Pegawai BUMN. Untuk ulasan selengkapnya, simak sebagai berikut!!

Apa itu BUMN ?

BUMN (Badan Usaha Milik Negara) adalah unit usaha yang sebagian atau seluruhnya dimiliki dengannegara. Negara dalam hal ini khususnya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ada juga BUMN yang bukan perusahaan nirlaba. Tujuan dibentuknya BUMN nirlaba ini adalah untuk menyediakan barang dan jasa kepada masyarakat.

BUMN hadir sebagai perwujudan negara dalam perannya sebagai pelaku ekonomi. Selain itu, pengeluaran modal untuk badan usaha milik negara yang sebagian atau seluruhnya dimiliki oleh pemerintah Indonesia.

Pengertian BUMN sendiri juga diatur dalam undang-undang. Artinya dalam Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2003, Pasal 1 menyatakan bahwa badan usaha milik negara adalah perusahaan yang seluruh atau sebagian modalnya dimiliki oleh pemerintah.

Modal sendiri diperoleh dari kekayaan negara melalui penyertaan langsung dan sengaja dipisahkan. Pasal tersebut juga mencatat bahwa kegiatan utama BUMN adalah mengelola cabang-cabang produksi yang penting bagi negara. Mengakui kekayaan orang.

Daftar Gaji Pegawai BUMN

Selain alasan gaji BUMN yang besar, bekerja di BUMN akan memberikan dengan berbagai keuntungan bagi masyarakat. Selain itu, ada perusahaan milik negara yang menawarkan pendidikan gratis kepada karyawannya.

Yang terpentingnya ialah jalur karirnya juga jelas. Jadi, kemungkinan Anda akan menjalankan karir. Dengan gaji dan tunjangan yang dirasa cukup besar, Anda juga bisa menyisihkan sebagian untuk membeli asuransi kesehatan. Lifepal merupakan jenis marketplace asuransi yang lengkap serta menyediakan produk asuransi terbaik untuk Anda.

Daftar-Gaji-Pegawai-BUMN

Setiap tahun, dibutuhkan tenaga kerja dari BUMN. Jadi jika Anda tertarik untuk berkarir di perusahaan di negara ini, rajin-rajinlah pantau informasi tersebut. Pasalnya, permintaan bisa mencapai puluhan ribu, sehingga otomatis persaingan ketat. Ada sejumlah perusahaan milik negara yang membidik banyak pencari kerja.

Dalam perusahaan-perusahaan ini berani menawarkan gaji besar. Berikut ini adalah beberapa informasi mengenai daftar apasaja pekerjaan yang termasuk kedalam BUMN, diantaranya ialah:

a. KAI

PT KAI (Kereta Api Indonesia) merupakan salah satu perusahaan milik negara yang ditunggu-tunggu para pencari kerja. PT KAI berani memberikan gaji hingga Rp. 13.000.000 per bulan kepada yang melamar menjadi masinis.

Selain itu, ada fasilitas pendidikan yang berlangsung dari enam bulan hingga satu tahun. Mengutip dari proyek serupa, karyawan PT KAI memperoleh gaji rata-rata Rp. 3.500.000 – Rp. 6.000.000.

Telah mempunyai berbagai jenis tunjangan diantaranya ialah tunjangan rumah, tunjangan anak istri, tunjangan kinerja, tunjangan transportasi, dan tunjangan yang lainnya.

Sedangkan gaji tertinggi yang ditawarkan PT KAI untuk posisi manajemen sebesar Rp. 17.900.000, posisi Executive Vice President adalah Rp. 42.500.000, Senior Manager Rp. 28.400.000, hingga General Manager Rp. 28.500.000.

Gaji besar ini belum termasuk ulang tahun dan THR, yang masing-masing mendapat satu tunjangan gaji. Ada juga manfaat lain, misalnya tunjangan perumahan, transportasi dan tunjangan rekreasi.

b. Bank Mandiri

Perusahaan BUMN berikutnya yang paling sering diincar pencari kerja adalah Bank Mandiri. Ada banyak informasi yang tersebar bahwa Bank Mandiri adalah salah satu bank yang memberikan gaji besar.

Sehingga banyak yang mencari lowongan kerja di BUMN tersebut. Bagi lulusan baru, dapat mengikuti program Management Trainee dengan gaji sekitar Rp. 5.300.000, itu hanya gaji lulusan baru.

Gaji untuk orang yang memegang posisi direktur mungkin lebih tinggi. Kurang lebih nominalnya mencapai Rp. 271.000.000 per bulan. Wah, besar banget ya?

Untuk beberapa posisi lain mereka juga mendapatkan gaji yang tidak sedikit lho. Untuk Senior Software Developer Rp. 8.000.000, ODP-Assistant Manager Rp. 6.500 000, Auditor Rp. 9.200.000, Kepala Cabang Rp. 14.000.000, Senior Relationship Manager Rp. 12.400.000, Area Manager Rp. 29.000.000, dan Branch Manager UKM Rp. 17.600.000.

Benefit yang diberikan Bank Mandiri kepada pegawainya juga cukup besar, mulai dari bonus tahunan, asuransi, hingga bonus cuti tahunan.

c. BTN

Tawaran dari BTN tak kalah menarik dengan tawaran dari Bank Mandiri. Menurut Detik, BTN berani memberikan gaji Rp. 6.000.000 – Rp. 8.000.000 kepada mereka yang mengikuti ODP (Officer Development Program).

Program ini khusus untuk fresh graduate dan harus siap ditempatkan di seluruh cabang BTN nantinya. Gaji tertinggi jelas diterima direksi, Rp. 187.000.000 per bulan. Sedangkan mereka yang menduduki posisi manajerial akan mendapatkan gaji sekitar Rp. 10.000.000 hingga Rp. 28.000.000.

Selain gaji pokok, karyawan juga mendapatkan berbagai tunjangan, misalnya tunjangan istri, tunjangan insentif kinerja, tunjangan anak, tunjangan kematian, tunjangan perumahan, tunjangan daerah dan lain sebagainya.

d. Pertamina

Secara umum, perusahaan-perusahaan milik negara ini menawarkan gaji tinggi kepada karyawannya. Para pegawai di Pertamina mendapatkan gaji sekitar Rp. 4.000.000 – Rp. 7.000.000 per bulannya.

Gaji tertinggi di perusahaan ini adalah Rp. 75.000.000, yang diberikan untuk posisi manajer umum. Kemudian ada posisi direktur pengeboran dengan gaji Rp. 55.000.000, direktur Rp. 47.500.000, dan Manajer Pembelian Rp. 42.500.000.

Manfaat pertamina tidak kalah menarik. Misalnya, dana pensiun, pesangon bagi yang pensiun, kendaraan dinas, tunjangan kesehatan, rumah dinas, dan tunjangan makan.

Pelamar Pertamina bukan hanya lulusan, lho. Ada juga yang sudah berpengalaman di bidang ini. Pertamina juga dinilai sebagai BUMN yang paling banyak diminati mahasiswa baru untuk mengajukan lamaran.

e. BRI

Bank BUMN yang tak kalah menarik menawarkan gaji adalah BRI. Untuk level pegawai, BRI menawarkan gaji antara Rp. 4.000.000 – Rp. 6.000.000. Semakin tinggi karir Anda, semakin tinggi gaji Anda.

Gaji tertinggi di BRI dipegang oleh direksi yang menerima Rp. 220.000.000 per bulan. Kemudian ada gaji Senior Manager Rp. 32.500.000, Senior Auditor Rp. 25.500.000, Deputy Vice President Rp. 25.000.000, Branch Manager Rp. 22.800.000, dan Quality Assurance Rp. 19.500.000.

Ini adalah lima perusahaan milik negara yang paling populer di kalangan pencari kerja. Bukan hanya gaji dan tunjangan, rata-rata pencari kerja yang ingin bekerja di sana juga ingin menimba pengalaman.

Karena pengalaman disana bisa menjadi modal untuk maju ke karir yang lebih tinggi. Baik itu lompatan karir di satu perusahaan atau lompatan karir saat bekerja di perusahaan lain.

Ciri-Ciri Perusahaan BUMN

Ciri-Ciri Perusahaan BUMN

Setelah memahami pengertian dan fungsi BUMN, untuk pemahaman yang lebih baik ada baiknya memahami apa saja sifat-sifatnya. Berikut ini merupakan beberapa ciri-ciri dalam perusahaan BUMN:

1. Pemerintah Memiliki Kekuatan Penuh

Perusahaan-perusahaan milik negara ini diawasi, dikendalikan, dan dikendalikan sepenuhnya oleh negara dalam menjalankan operasinya. Upaya perebutan kekuasaan secara keseluruhan ditujukan untuk mencegah penyalahgunaan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

2. Sebagai Sumber Pendapatan Negara

Ciri utama BUMN adalah sumber pendapatannya dari negara. Dana yang dihimpun negara selama ini biasanya berasal dari sini. Perusahaan negara sering terlibat dalam menyediakan dan melayani barang-barang untuk masyarakat. Ini adalah pendapatan rutin negara.

3. Segala Resiko di Tanggung Negara

Karena semua kekuasaan ada di tangan negara atau pemerintah, resiko ditanggung sepenuhnya. Pada hakekatnya pemerintah atau negara mempunyai tanggung jawab dan hak penuh atas berjalannya badan usaha milik negara. Jadi bagaimana BUMN bekerja tergantung seberapa besar kekuasaan yang dimiliki pemerintah.

4. Kepemilikan Saham dapat Dimiliki Oleh Masyarakat

Untuk penyertaan, BUMN tidak hanya dimiliki oleh negara, namun dalam pihak lain juga memegang kendali lain. Namun, pihak selain negara peserta bukanlah pemilik saham yang sewenang-wenang. Pemilik saham BUMN tidak boleh melebihi 50% kepemilikan negara.

5. Melayani Kepentingan Umum Dan Pelayanan Untuk Publik

Tujuan utama BUMN didirikan adalah untuk melayani masyarakat. Hal ini terlihat dalam aktivitas bisnis. Mulai dari komunikasi, layanan listrik, air dan lainnya.

6. Menyediakan Produk yang Sesuai dengan Kebutuhan Masyarakat

BUMN juga memiliki kapasitas untuk menyediakan produk atau jasa sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Cukuplah dikatakan bahwa akan sangat sulit bagi publik untuk menemukan mereka jika perusahaan milik negara tidak menawarkan produk atau layanan apapun.

Baca Juga :

Itulah ulasan yang telah kami sampaikan secara jelas dan lengkap yakni mengenai Gaji Pegawai BUMN. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.

/* */
error: Semoga selamet panjang umur buat yang copy tanpa izin!!