Gaji Pemadam Kebakaran, Ternyata Segini Tunjangan yang Mereka Dapat

Gaji Pemadam Kebakaran – Tak sedikit yang menanyakan seberapa tinggi gaji petugas pemadam kebakaran. Pekerjaan petugas pemadam kebakaran cukup ekstrim karena mempengaruhi kehidupan mereka.

Terutama ketika menyelidiki kebakaran dan terlibat dalam membantu warga jika terjadi bencana alam. Tidak semua orang bisa. Oleh karena itu, ada persyaratan khusus yang harus dipenuhi jika seseorang ingin menjadi petugas pemadam kebakaran.

Jika terjadi kebakaran, petugas pemadam kebakaran selalu siap sedia untuk melindungi kehidupan manusia dan mengurangi kerusakan akibat dari bencana yang diakibatkan oleh kebakaran tersebut.

Namun, tugas petugas pemadam kebakaran bukan hanya memadamkan api saat ayam jago merah mengamuk, namun dapat dan harus mampu melakukan penyelamatan serta pencegahan.

Upaya pencegahan biasanya dilakukan dengan mengedukasi masyarakat tentang cara mengidentifikasi potensi kebakaran sedini mungkin. Untuk mengasah keterampilan petugas pemadam kebakaran, sekarang ada simulasi proteksi kebakaran secara berkala di gedung-gedung perkantoran.

Selain itu, tindakan pencegahan kebakaran diperlukan tidak hanya jika terjadi kebakaran, tetapi juga jika terjadi bencana.

Petugas pemadam kebakaran juga memiliki tugas untuk mengevakuasi gempa bumi, korban banjir, dan lainnya. Bahkan, tak jarang petugas pemadam kebakaran diminta membantu menyelamatkan hewan.

Dalam penjelasan kali ini, kami akan menjelaskan mengenai berapa sih gaji petugas pemadam kebakaran dan dapatkan tunjangan semumur hidup? Silahkan kalian simak penjelasan sebagai berikut!!

Pemadam Kebakaran

Pemadam Kebakaran adalah salah satu pekerjaan paling berisiko di dunia. Dengan pakaian tahan panas, sepatu bot, dan helm, para petugas pemadam kebakaran harus mengorbankan hidup mereka untuk masuk ke gedung yang memicu kebakaran.

Oleh karena itu, petugas pemadam kebakaran harus siap beraksi kapan saja dan di mana saja, bahkan terhadap si jago merah. Petugas pemadam kebakaran harus rela menjauh dari keluarganya, terutama saat mereka libur.

Petugas pemadam kebakaran biasanya berada di bawah dinas pemadam kebakaran dan penyelamatan atau otoritas pengendalian kebakaran dan bencana di bawah arahan kepala departemen atau kepala departemen.

Kepala departemen atau lembaga ini akan membawahi sejumlah pengelola lapangan dan UPT (Unit Pelaksana Teknis). Pemadam kebakaran ini adalah elemen manajemen teknis dan operasional.

Ya, karir petugas pemadam kebakaran akan tumbuh dengan lebih banyak tahun pelayanan. Jenjang karir petugas pemadam kebakaran tidak hanya fungsional, tetapi juga sudah termasuk PNS.

Dibawah ini telah kami rangkum berbagai jenis informasi mengenai gaji atau penghasilan terhadap pekerjaan pemadam kebakaran ini!!

Gaji Pemadam Kebakaran

Gaji Pemadam Kebakaran di Indonesia sangat bervariasi, terutama untuk petugas pemadam kebakaran berstatus PNS dan gaji relawan pemadam kebakaran. Penghasilan Anda tentu saja berbeda setiap bulannya.

Petugas pemadam kebakaran di Indonesia berpenghasilan antara Rp. 1.750.000 – Rp. 4.000.000 per bulan atau Rp. 21.000.000 – Rp. 48.000.000 per tahun. Jabatan dan masa kerja menentukan besaran gaji yang diterima.

Gaji-Pemadam-Kebakaran

Bagaimana dengan gaji petugas pemadam kebakaran? Gaji petugas pemadam kebakaran berbeda dengan petugas pemadam kebakaran pria. Hal ini disebabkan oleh perbedaan peran dan tanggung jawab petugas pemadam kebakaran dan petugas pemadam kebakaran.

Bukan hanya karena tugas dan tanggung jawab, satu kota dengan kota lainnya juga menentukan besaran gaji yang berbeda.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa gaji petugas pemadam kebakaran bervariasi tergantung pada tugas dan tanggung jawab antara petugas pemadam kebakaran laki-laki dan perempuan, tempat kerja, status, kelas dan jalur karir, masa kerja petugas pemadam kebakaran yang mengejar jalur karir seorang pejabat.

Kalau dilihat, penetapan gaji petugas pemadam kebakaran 2021 sama dengan penetapan gaji petugas parkir pesawat. Apakah Anda tahu berapa banyak petugas pemadam kebakaran di Amerika Serikat?

Gaji mereka lebih tinggi daripada di Indonesia, di mana petugas pemadam kebakaran AS menghasilkan sekitar $45.915 setahun, atau sekitar Rp. 413.000.000.000. Bukan main tidak?

Tunjangan Petugas Pemadam Kebakaran

Tidak hanya mendapatkan gaji, para petugas pemadam kebakaran mendapatkan uang tambahan dari tunjangan yang mereka terima. Adanya tunjangan ini bisa dibilang beragam macam dan jenisnya, diantaranya ialah:

1. Tunjangan Kesehatan

Dalam sebuah tunjangan kesehatan yaitu tunjangan wajib yang diberikan kepada petugas pemadam kebakaran. Tunjangan ini sangat berguna ketika Anda mempertimbangkan risiko yang terlibat dalam tugas. Ketika sesuatu yang tidak terduga terjadi, tunjangan ini sangat berguna.

2. Tunjangan Hari Raya

Seperti pekerja lainnya, petugas pemadam kebakaran selalu mendapatkan Tunjangan THR dan Hari Raya. Jumlah tunjangan ini tergantung pada area di mana pemadam kebakaran ditempatkan.

3. Tunjangan Golongan

Selain itu, hanya petugas pemadam kebakaran berstatus PNS yang menerima tunjangan kelas. Perbedaan honorer dan PNS juga terlihat pada tunjangan kelas. Pemadam kebakaran yang memiliki status honorer tidak bisa mendapatkan

4. Tunjangan Pendidikan Anak

Selain tunjangan kesehatan dan kelas, petugas pemadam kebakaran juga mendapatkan tunjangan anak yang sudah disiapkan bagi anak-anak petugas pemadam kebakaran dalam rangka pelatihan.

5. Tunjangan Lainnya

Selain itu, petugas pemadam kebakaran dapat memperoleh tunjangan yang lainnya. Hal ini yakni tentunya tergantung pada wilayah atau area kerja tersebut.

Tugas Pemadam Kebakaran

Tugas-Pemadam-Kebakaran

Seperti disebutkan sebelumnya, petugas pemadam kebakaran tidak hanya bertanggung jawab untuk memadamkan api ketika terjadi kebakaran. Berikut ini adalah beberapa tugas pemadam kebakaran:

  • Bertahan dari ancaman kebakaran dan bencana lainnya misalnya banjir, gempa bumi, dan lain-lain.
  • Pemeliharaan prasarana pencegahan dan sarana, pemadaman kebakaran dan penyelamatan.
  • Mencegah terjadinya kebakaran.
  • Sosialisasi dan pendidikan publik tentang prosedur pencegahan, pemadaman kebakaran dan penyelamatan yang tepat.
  • Dapat melakukan sebuah rundingan dengan PLN untuk segera mematikan listrik di dekat perapian.
  • Menyimpan, mengontrol logistik, mendistribusikan, untuk komunitas yang terkena bencana.

Pekerjaan petugas pemadam kebakaran cukup ekstrim karena ada hubungannya dengan membakar api. Penasaran dengan jumlah petugas pemadam kebakaran? Terus simak penjelasannya disini!!

Menjadi petugas pemadam kebakaran merupakan sebuah profesi yang mudah dan berisiko. Selain memadamkan api, petugas pemadam kebakaran juga bertugas jika terjadi kebakaran untuk melindungi nyawa dan mencegah adanya suatu kerugian.

Kesiapsiagaan operasional pemadam kebakaran diperlukan setiap saat tidak hanya pada saat terjadi kebakaran, tetapi juga pada saat terjadi bencana.

Petugas pemadam kebakaran juga memiliki tugas untuk mengevakuasi korban gempa bumi, korban banjir, dan lainnya.

Bahkan, tak jarang petugas pemadam kebakaran diminta membantu menyelamatkan hewan. Mengingat banyaknya pekerjaan yang dilakukan petugas pemadam kebakaran, banyak orang yang penasaran dengan gaji yang diterima petugas pemadam kebakaran.

Diatas adalah beberapa ringkasan dan rangkuman mengenai tugas yang dilakukan pemadam kebakaran. Kalian tentunya ingin menjadi petugas pemadam kebakaran bukan? Karena gajinya bukan main ya teman-teman!!

Baca Juga :

Itulah ulasan yang telah kami jelaskan tentang Gaji Pemadam Kebakaran. Ternyata banyak juga ya guyss!! Semoga ulasan ini dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda.

/* */
error: Semoga selamet panjang umur buat yang copy tanpa izin!!