Gaji Petugas Layanan Bus Transjakarta Berapa Gaji Per Bulannya? Cek Disini!!

Gaji Petugas Layanan Bus Transjakarta – PT Transport Jakarta yakni sekarang sudah membuka lowongan untuk 1.801 karyawan sebagai Operational Service Officer (PLO). Merupakan upaya TransJakarta untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan pelanggan.

Hal ini adalah salah satu jenis upaya penting yang kami lakukan untuk memastikan kenyamanan dan kemudahan pelanggan kami. Perolehan PLO ialah salah satu upaya TransJakarta untuk mengurangi pelecehan seksual di angkutan umum.

Selain itu, kehadiran petugas di dalam bus diharapkan dapat membantu, mencegah dan bertindak cepat jika terjadi hal-hal yang tidak diharapkan.

Staff sudah siap membantu jika pelanggan merasa keamanan dan kenyamanan pelanggan terganggu. Kami mendorong pelanggan untuk melaporkan hal ini sehingga mereka dapat menindaklanjutinya.

Penambahan pegawai tersebut merupakan respon TransJakarta terhadap tuntutan pelanggan akan peningkatan pelayanan. Selain itu, menurut Anang, lowongan ini tentunya bisa membuka lapangan pekerjaan baru.

Kualifikasi dasar yang ingin dicapai minimal SLTA, sehat rohani dan jasmani. Proses rekrutmen ini gratis atau gratis. Tata cara pendaftaran dapat dilihat di website Transjakarta yang dapat diakses dengan melalui link yang sudah disediakan.

Nah, dibawah ini adalah beberapa penjelasan mengenai Gaji Petugas Layanan Bus Transjakarta Berapa Gaji Per Bulannya? Simak ulasannya sebagai berikut

PT Transport Jakarta

PT Transport Jakarta (Transjakarta) menunjuk 1.801 Petugas Pelayanan Operasional (PLO) yang menangani bus. Mereka kemudian membantu pelanggan layanan mencegah pelecehan seksual dalam transportasi.

Penambahan pegawai tersebut merupakan respon TransJakarta terhadap tuntutan pelanggan akan peningkatan pelayanan. Selain itu tentunya bisnis ini bisa membuka proyek baru.

Bagi kalangan warga Jakarta, penumpang bus perlu mengetahui layanan TransJakarta. Ulasan ini dapat memberikan gambaran tentang sejarah TransJakarta yang telah menjadi salah satu layanan transportasi utama Jakarta selama 18 tahun.

Ide membangun proyek Bus Rapid Transit (BRT) sebenarnya sudah ada sejak 2001. Akan tetapi, realisasinya baru bisa dilakukan 3 tahun kemudian. Pada saat diluncurkan, TransJakarta adalah sistem transportasi BRT (Bus Rapid Transit) utama di Asia Selatan dan Asia Tenggara.

Sejarah Transjakarta

Ide membangun adanya sebuah proyek Bus Rapid Transit di Jakarta muncul kurang lebih tahun 2001. Kemudian ide ini dilanjutkan oleh Gubernur DKI Jakarta waktu itu.

Lembaga bernama Institute for Transportation & Development Policy (ITDP) menjadi pihak kunci yang memandu proses perencanaan proyek ini. Konsep aslinya diciptakan oleh PT Pamintori Cipta, konsultan transportasi yang sering bekerja sama dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

Selain pihak swasta, beberapa pihak lain mendukung keberhasilan proyek ini, antara lain US AID (American Aid Organization) dan UI-CTS (Pusat Studi Transportasi Universitas Indonesia).

Transjakarta mulai beroperasi pada 15 Januari 2004 dengan diresmikannya Koridor 1, dengan tujuan memberikan pelayanan transportasi yang lebih nyaman, cepat, dan terjangkau bagi warga Jakarta.

Sejak Transjakarta mulai beroperasi, harga tiket disubsidi oleh pemerintah daerah. Dalam rangka mensosialisasikan dan memperkenalkan sistem angkutan massal ini kepada masyarakat.

Selama dua minggu pertama beroperasi, pengguna Transjakarta tidak dikenakan tarif (15-30 Januari 2004). Sejak 1 Februari 2004, tarif Transjakarta adalah Rp 2.000. Pada tahun 2012, Dinas Perhubungan DKI Jakarta memutuskan untuk menaikkan tarif Transjakarta menjadi Rp. 3.500

Beberapa pembangunan pasca peresmian Koridor 1 masih terus berlangsung, antara lain membuka lapangan pekerjaan sopir bus wanita untuk wanita, meningkatkan infrastruktur bus dan stasiun BRT.

Dapat membentuk zona khusus untuk wanita, menampung petugas di bus, mensterilkan Transjakarta-Line, dengan portal manual dan otomatis yang mencoba menguji sistem arus berlawanan (jalur Transjakarta berlawanan dengan jalur penyeberangan umum), serta adanya sebuah jenis layanan untuk pengguna difabel.

Gaji Petugas Layanan Bus Transjakarta

Transjakarta ialah jenis sistem transportasi Bus Rapid Transit (BRT) pertama di Asia Tenggara dan Asia Selatan, yang beroperasi sejak tahun 2004 di Jakarta, Indonesia.

Sistem ini dikembangkan berdasarkan sistem TransMilenio di Bogota, Kolombia. Transjakarta dirancang sebagai moda angkutan massal untuk mendukung hiruk pikuk ibu kota.

Petugas-Layanan-Bus-Transjakarta

Transjakarta adalah sistem BRT bentang terpanjang di dunia (230,9 km) dan memiliki 243 halte yang tersebar di 13 koridor (jalur) yang beroperasi mulai pukul 05:00 hingga 22:00 WIB pertama dan koridor sekarang beroperasi selama total 24 jam.

Gaji Petugas Layanan Bus Transjakarta untuk Single Bus Rp. 6,3jt, Sopir Bus Gandeng Rp. 11,7jt, Sopir Bus Gandeng Dobel Rp. 13,4jt – Rp. 15jt

Gaji yang ditawarkan yakni tidak akan mengecewakan, sebab sopr bus dapat memperoleh gaji di kisaran Rp. 8 juta hingga Rp. 9 juta.

Transjakarta dioperasikan dengan PT Transport Jakarta. Total tenaga kerja yang terlibat dalam pengoperasian Transjakarta (kondektur, pramugari, dan petugas kebersihan) sekitar 6.000 orang.

Rata-rata pengguna harian Transjakarta adalah sekitar 350.000 orang. Dan pada 2012, pengguna Transjakarta mencapai 109.983.609 orang.

Di tahun 2011 sistem mencapai kinerja di puncak tahunan terhadap bus yang mengangkut 114,7 juta penumpang dan di tahun-tahun berikutnya dalam jumlah yang menurun dan pada tahun 2014 bus mengangkut 111,6 jt penumpang sedangkan pada tahun 2015 mengangkut 102,95 juta penumpang yang dilayani.

Ide membangun proyek Bus Rapid Transit di Jakarta muncul sekitar tahun 2001. Kemudian ide ini dilanjutkan oleh Gubernur DKI Jakarta saat itu, Sutiyoso. Lembaga bernama Institute for Transportation & Development Policy (ITDP) menjadi pihak kunci yang memandu proses perencanaan proyek ini.

Konsep aslinya diciptakan oleh PT Pamintori Cipta, konsultan transportasi yang sering bekerja sama terhadap Dinas Perhubungan di wilayah DKI Jakarta.

Selain pihak swasta, ada beberapa pihak lain yang mendukung keberhasilan proyek ini, antara lain USAID (American Aid Organization) dan UI-CTS (Pusat Studi Transportasi Universitas Indonesia).

Posisi Pekerjaan yang di Butuhkan Transjakarta

Posisi-Pekerjaan-yang-di-Butuhkan-Transjakarta

1. Mekanik (MK)

  • Bertanggung jawab atas adanya sebuah jenis proses perbaikan dan perawatan kendaraan bus.
  • Melaksanakan pemeriksaan kesehatan bus sesuai jadwal yang telah ditetapkan.
  • Melaksanakan operasional administrasi setelah perbaikan dan pemeriksaan bus.

Kualifikasi

  • Usia maksimal dengan 35 tahun.
  • Setidaknya 5 tahun pengalaman dengan kendaraan tugas berat (BUS, TRUCK).
  • Pelatihan kejuruan.
  • Pengalaman menangani bus Cina dan Eropa.
  • Penggemar otomotif lebih disukai.
  • Mempunyai jenis pengetahuan tentang suku cadang.
  • Tempat tinggal di Jakarta.
  • Merespon masalah pada kendaraan.
  • Mempunyai sebuah jenis integritas dan disiplin yang baik.
  • Bersedia bekerja shift.

2. PCB (Petugas Cuci Bus)

  • Secara proaktif memberikan informasi tentang kondisi bus agar dapat dilakukan perbaikan atau perawatan.
  • Bertanggung jawab atas adanya suatu kebersihan bus, di luar bus dan di dalam bus.

Kualifikasi

  • Usia minimal 18 tahun, maksimal 35 tahun.
  • Tinggi badan minimal untuk pria adalah 165 cm dan untuk wanita minimal 160 cm (berat badan ideal).
  • Ijazah SMA atau sederajat.
  • Tempat tinggal di Jakarta.
  • Mempunyai integritas dan disiplin yang baik.
  • Menanggapi situasi di bus.
  • Bersedia dengan bekerja shift.
  • Siap diikutsertakan di semua pool PTTransport Jakarta.
  • Tidak ada tato dan tindik (untuk pria).

3. PB (Pengemudi Bus)

  • Mengemudikan bus sesuai rute dan kecepatan sesuai adanya aturan.
  • Periksa kesiapan operasional bus.
  • Menjaga keamanan pelanggan terutama pada saat proses penurunan pendakian.
  • Secara proaktif memberikan informasi tentang kondisi bus agar dapat dilakukan perawatan perbaikan.

Kualifikasi

  • Pendidikan minimal SMP (Sekolah Lanjut Tingkat I) atau sederajat.
  • Usia yakni minimal 25 tahun, maksimal 50 tahun.
  • Minimal SIM B1 Umum.
  • Siap bekerja dengan model Shift.
  • Mempunyai sebuah disiplin yang baik dan integritas.
  • Merespon masalah pada kendaraan.

4. PLB (Petugas Layanan Bus)

  • Bertanggung jawab atas adanya sebuah kebersihan bus dan keamanan serta kenyamanan pelanggan di bus.
  • Secara proaktif memberikan informasi tentang kondisi bus agar dapat dilakukan perbaikan atau perawatan.
  • Membantu pelanggan untuk naik dan turun bus menuju halte atau sebaliknya.
  • Secara proaktif memberikan informasi tentang di mana titik tersebut berada.

Kualifikasi

  • Usia maksimal 30 tahun dan minimal yakni 21 tahun.
  • Kualifikasi sekolah minimal – D3.
  • Tinggi badan minimal pria 165 cm, wanita minimal 160 cm (berat badan ideal).
  • Tempat tinggal di Jakarta.
  • Mempunyai gairah untuk layanan pelanggan.
  • Mempunyai disiplin dan integritas yang baik.
  • Menanggapi situasi di bus.
  • Siap ditempatkan di seluruh koridor PT Transport Jakarta.
  • Bersedia bekerja shift.
  • Anda mempunyai keterampilan komunikasi yang baik
  • Tidak ada tato dan tindik (untuk pria).

/* */
error: Semoga selamet panjang umur buat yang copy tanpa izin!!