Gaji Pilot Sampai Ratusan Juta Per Bulannya? Intip Daftarnya Disini!!

Gaji Pilot – Profesi pilot ialah menjadi cita-cita banyak orang tentunya, meskipun tidak mudah untuk dicapai karena dalam tugasnya ialah harus dan mampu mengemudikan dan menerbangkan pesawat.

Dalam menjadi soorang pilot akan selalu terbuka karena dibutuhkan lebih dari 620.000 pilot baru yang bisa menerbangkan pesawat dalam 15 sampai 20 tahun kedepan.

Hal ini dikarenakan adanya sebuah tumbuhnya kalangan jenis industri terhadap penerbangan nasional dan internesional sehingga bisa menyebabkan kebutuh seorang pilot dalam suatu maskapai terus meningkat dengan waktu yang berjalan.

Siapa yang mengemudikan pesawat? Mungkin sebagian dari Anda sudah tahu banyak tentang salah satu profesi ini. Ini adalah profesi yang diidamkan banyak orang untuk pekerjaannya sendiri, yaitu mengoperasikan transportasi udara, baik itu pesawat terbang maupun helikopter.

Selain itu, pilot juga memiliki beberapa tugas atau tanggung jawab yang harus dilakukan. Meski mengemban tugas dan tanggung jawab yang tinggi, masih banyak orang yang ingin menjadi pilot, mungkin pilot adalah salah satu profesi yang paling bergengsi.

Akan tetapi, siapa sangka bahwa seorang pilot mempunyai gaji diperbulannya mencapai ratusan juta? Untuk ulasan selengkapnya, simak dibawah ini!!

Tugas Pilot yang Harus Anda Ketahui

Bila kalian melihat tugasnyai, orang yang berprofesi pilot sebenarnya tidak mempunyai banyak tugas, tetapi pilot memiliki kesulitan dan juga tanggung jawab yang besar.

Menerbangkan pesawat dari satu bandara ke bandara lain (bandara tujuan) adalah tugas utama pilot. Tidak hanya pesawat terbang dan mendarat dengan sempurna, pilot juga memastikan semua penumpang di pesawat tetap aman dan sehat.

Mengenai nyawa penumpang, tanggung jawab pilot sangat besar. Tidak heran pilot mempunyai suatu gaji yang bagus. Di Indonesia, gaji pilot Garuda Indonesia bisa mencapai puluhan juta. Selain keselamatan dan kesehatan penumpang, pilot juga harus melindungi diri.

Hal ini dikarenakan peran seorang pilot yang hebat menjaga kelancaran penerbangan, menandakan bahwa kesehatan pilot harus fit 100%.

Kesehatan inilah yang menjamin keselamatan semua penumpang yang terbang. Sehingga jika kondisi pilot tidak tepat, penumpang akan khawatir saat pesawat lepas landas dan terbang ke bandara tujuan.

Gaji Pilot Sampai Ratusan Juta Per Bulannya?

Pilot adalah salah satu profesi yang dianggap bergaji tinggi karena menyangkut nyawa. Di Indonesia, salah satu pekerjaan favorit saya adalah menjadi pilot di Garuda Indonesia.

Bukan hanya karena Garuda Indonesia adalah perusahaan negara, tetapi juga karena Garuda Indonesia juga salah satu yang terbaik dan terpopuler di Indonesia.

Seperti halnya pekerjaan lain, pilot dapat memperoleh gaji yang berbeda dari yang lain. Dalam hal ini terdapat dengan beberapa faktor yang mempengaruhi.

Gaji-Pilot

Mulai dari jenis maskapai tempat Anda bekerja, faktor pengalaman, ukuran pesawat yang Anda terbangkan, sampai posisi atau pangkat yang Anda pegang.

Sekitar tahun 2018, Garuda Indonesia mengumumkan total dalam suatu jenis pendapatan pilot pemula termasuk berbagai tunjangan bisa mencapai Rp 60 juta.

Penghasilan meningkat tergantung pada jam penerbangan. Jika Anda seorang pilot berpengalaman, Garuda bisa memberi Anda penghasilan mulai dari Rp 100 juta sampai Rp 150 juta.

Lalu bagaimana dengan sekarang? Berikut informasi yang dilansir detikcom dan CNN Indonesia.

1. Captain

Captain mempunyai lencana emas empat baris, meskipun beberapa juga menggunakan warna putih. Saat bertugas, kapten juga bisa disebut sebagai Pilot In Command (PIC).

Ini berarti bahwa dia adalah eksekutif puncak dalam keselamatan dan keamanan penerbangan. Gaji kapten penerbangan Garuda Indonesia sekitar Rp 50 juta per bulan.

2. Cadet Pilot

Dalam arti, seorang kadet adalah seorang co-pilot yang baru saja lulus dari sekolah penerbangan. Biasanya, sebagai tanda pangkat, mereka mempunyai tanda berupa garis di bahu mereka.

Gaji seorang kadet pilot biasanya di bawah posisi dan pangkat lain atau antara Rp. 18.000.000 sampai Rp. 35.000.000 per bulan. Bila bisa dilihat, gaji seorang pilot sebanding dengan biaya pendidikannya yang tidak murah.

Menurut catatan detikcom, Kapten Rama Noya pernah mengatakan di hadapan Presiden Jenderal Ikatan Pilot Indonesia (IPI) bahwa gaji seorang pilot di Indonesia untuk posisi kapten sekitar Rp. 38-45 juta rupiah.

Artinya, jika dikonversikan ke gaji bulanan pilot, kira-kira Rp. 97,3 juta (asumsi kurs Rp 14.600/US$). Pilot yang bekerja di penerbangan internasional berpenghasilan lebih besar daripada mereka yang bekerja di penerbangan domestik.

Gaji rata-rata untuk pilot maskapai internasional adalah sekitar $145.000 per tahun. Artinya, gaji pilot yang bekerja di maskapai internasional sekitar Rp 176 juta per bulan.

Selain gaji yang menarik, pilot maskapai biasanya juga mendapatkan berbagai keuntungan, bonus dan keuntungan lainnya seperti akomodasi yang mewah.

Jumlah dan besaran ganti rugi yang diterima pilot tentu saja bergantung terhadap suatu jenis peraturan dari masing-masing maskapai tersebut.

Peran dan Tanggung Jawab Pilot

Peran-dan-Tanggung-Jawab-Pilot

Tidak hanya tugas, peran dan tanggung jawab seseorang yang menjalankan profesi pilot yaknimempunyai peran dan tanggung jawab yang besar.

Nah, berikut ini ialah dengan beberapa jenis peran dan tanggung jawab yang harus diemban oleh seorang pilot pesawat, misalnya:

  • Memastikan dan memeriksa bahwa semua aspek teknis pesawat yang akan dioperasikan atau diterbangkan dalam kondisi laik terbang setelah atau setelah pesawat lepas landas.
  • Memberi penumpang perasaan nyaman selama penerbangan.
  • Memberikan pelayanan penerbangan pesawat secara profesional dengan co-pilot, dengan mempertimbangkan cuaca dan teknik standar yang diberikan.
  • Dengan menjamin keselamatan penumpang selama penerbangan.
  • Komunikasikan laporan penerbangan dan perubahan jadwal kepada otoritas bandara sesegera mungkin.
  • Laporkan ke teknisi pesawat jika ada masalah dengan pesawat.
  • Memiliki inisiatif yang tinggi untuk memecahkan masalah dalam penerbangan.
  • Rekam komunikasi dari pengontrol lalu lintas udara dan implementasikan rencana penerbangan bila perlu.
    Selain itu, dalam menangani masalah tersebut, pilot tetap tenang tanpa panik, agar tidak membuat panik para penumpang juga.
  • Temukan atau temukan solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah ketika pesawat mengalami masalah yang mengarah ke situasi yang berpotensi berbahaya.

Cara Menjadi Pilot

Syarat utama untuk menjadi pilot adalah menyelesaikan pelatihan pilot terlebih dahulu. Pelatihan ini dapat dilakukan oleh siapa saja asalkan memenuhi persyaratan dan lolos seleksi. Untuk diterima di sekolah percontohan, Anda harus memenuhi persyaratan berikut:

  • Tinggi badan minimal 160 cm.
  • Tidak buta warna dan berbagai persyaratan lainnya.
  • Mempunyai suatu kondisi fisik yang sehat.
  • Anda mempunyai sebuah jenis pengetahuan bahasa Inggris yang baik.

Kemungkinan jurusan untuk karir ini termasuk teknik penerbangan, keselamatan penerbangan, dan manajemen penerbangan. Anda dapat menemukan informasi rinci tentang Departemen Penerbangan di bawah Departemen Penerbangan.

Sebagai profesi yang membutuhkan keahlian atau keterampilan mengemudikan pesawat udara, pilot harus lulus ujian tertulis resmi dan ujian terbang, yang terlebih dahulu diselenggarakan oleh sekolah penerbangan dan otoritas penerbangan.

Bila uji dinyatakan lulus, penerbang diberikan sertifikat terbang atau lisensi penerbang, yaitu surat pengakuan kemampuan (kompetensi menerbangkan pesawat udara jenis atau ukuran tertentu) penerbang.

Lisensi itu mempunyai jenis yang berbeda dan memiliki level yang berbeda. Lisensi penerbangan ini termasuk CPL, PPL, ATPL dan Grameds, ME.

Jenjang Karir Pilot

Jenjang-Karir-Pilot

Mengemudikan pesawat terbang adalah salah satu perubahan pekerjaan yang diimpikan banyak orang. Jalur karir pilot dimulai pada:

1. First Officer

Perwira pertama diperbolehkan mengemudikan pesawat dengan didampingi kapten. Biasanya mereka membantu kapten untuk mengontrol kecepatan pesawat dalam kaitannya dengan navigasi.

Dia juga terkadang menggantikan posisi kapten saat kapten tidak ada. Pertama-tama, persyaratan yang harus dipenuhi oleh First Officer termasuk lisensi ATPL dan ME

2. Second Officer

Bagi pilot pemula yang baru lulus sekolah pilot, pengalaman yang dimiliki masih sangat minim. Maskapai tidak serta merta memberikan kelebihan jam terbang kepada lulusan baru.

Karena mereka tidak mau mengambil risiko yang mungkin terjadi. Biasanya, petugas kedua hanya diperbolehkan membawa pesawat kecil yang dikawal kapten.

3. Captain

Kapten adalah jenjang karir tertinggi bagi seorang pilot. Captain pilot bertanggung jawab untuk mengawasi FO saat menerbangkan pesawat. Kapten juga bertanggung jawab atas segala sesuatu yang terjadi selama penerbangan.

Baca Juga :

Demikianlah ulasan yang sudah kami jelaskan tentang Gaji Pilot, sekian dan terima kasih!!

/* */
error: Semoga selamet panjang umur buat yang copy tanpa izin!!