Berapa Gaji Teknik Sipil? Beginilah Rincian Gaji Terbaru serta Tunjangan

Gaji Teknik Sipil – Jika Anda senang bekerja dengan detail dan juga tertarik untuk mendesain dan membangun, Anda harus mempertimbangkan perspektif proyek teknik sipil ini.

Surveyor yang bertanggung jawab atas bangunan hanya memiliki tugas untuk memastikan kepatuhan terhadap semua hukum dan peraturan yang berlaku selama konstruksi berlangsung.

Jika Anda tidak mematuhi ini, Anda sebagai otoritas pengawas gedung harus menawarkan solusi kepada klien.

Dia juga akan membantu persiapan dokumen izin jika perlu dan harus meninjau fondasi dan sistem drainase properti yang akan dibangun.

Tujuannya tentu saja, adalah keselamatan bagi semua orang yang terlibat. Jika detailnya menarik minat Anda, maka tawaran pekerjaan teknik sipil ini adalah tempat yang tepat untuk mencari tahu.

Berikut ini ialah telah kami sampaikan secara jelas menenai berapa sih gaji atau penghasilan di pekerjaan Teknik Sipil ini? Silahkan kalian simak ulasan selengkapnya dibawah ini!!

Apa itu Teknik Sipil ?

Teknik Sipil merupakan jurusan yang mempelajari teknologi desain, pemeliharaan, konstruksi, fasilitas umum, dan perbaikan bangunan. Mahasiswa teknik sipil juga harus memperhatikan fungsi bangunan atau fasilitas umum bagi masyarakat dalam kegiatannya.

Ketika jurusan arsitektur berfokus pada perancangan bentuk suatu bangunan, maka sarjana teknik sipil ialah pelaksana atau pelaksana dari desain yang dibuat.

Jika Anda tertarik dengan pekerjaan di bidang teknik sipil, Anda dapat memperoleh pengetahuan yang terkait dengan gelar universitas. Studi teknik sipil terkait erat dengan matematika dan fisika.

Daftar Gaji Teknik Sipil beserta Jenis Pekerjaan

Gaji-Teknik-Sipil

Gaji standar rata-rata lulusan teknik sipil atau lulusan baru sekitar Rp. 5.000.000 – Rp. 7.000.000, nilai nominalnya umumnya cukup tinggi dibandingkan pekerjaan lain.

Akan tetapi, nominal gaji yang harus dibayar tergantung perusahaan dan daerah yang dilamar. Dibawah ini adalah beberapa daftar teknik sipil dan beberapa rincian gaji, diantaranya ialah:

1. Surveyor

Penilai bertanggung jawab untuk memastikan bahwa proyek pembangunan yang dilakukan sesuai dengan peraturan resmi yang berlaku.

Oleh karena itu, dalam profesi ini kita harus bisa mempelajari semua desain bangunan secara detail, mulai dari struktur hingga pondasi bangunan.

Selain itu, sebagai tenaga ahli tentunya juga berkewajiban memberikan dokumen persetujuan pembangunan. Tantangannya adalah ketika kita menemukan seseorang yang melanggar hukum, kita harus bisa memberikan solusi.

Khusus bidang teknik sipil juga terbuka untuk lulusan baru. Gaji standar untuk seorang surveyor adalah Rp. 3000.000 – Rp. 6.000.000.

2. Manajer Konstruksi

Sebagai manajer konstruksi, sudah dipercayakan untuk mengelola proyek konstruksi. Oleh karena itu, pekerjaan ini cocok bagi kita yang memiliki tingkat kepemimpinan yang tinggi.

Kami bekerja sama dengan surveyor, arsitek, dan departemen perencanaan lainnya. Pekerjaan yang dikerjakan oleh manajer lokasi biasanya adalah proyek perumahan, industri, komersial, dan infrastruktur.

Sebagai manajer lokasi, kami umumnya membutuhkan setidaknya tiga tahun pengalaman teknik sipil. Namun, ada juga beberapa perusahaan yang mempekerjakan manajer konstruksi yang baru saja lulus. Gaji standar pengelola situs senilah Rp. 7.000.000 – Rp. 30.000.000.

3. Project Manager

Pekerjaan seorang manajer proyek di bidang teknik sipil cukup penting. Di mana kami diberi wewenang oleh manajer proyek untuk memimpin semua proses implementasi pengembangan di lokasi dan bertanggung jawab penuh.

Dari manajemen proyek hingga penganggaran hingga potensi risiko pengembangan lebih lanjut, semuanya menjadi tanggung jawab manajer proyek.

Untuk menjadi manajer proyek, Anda memerlukan setidaknya 5 tahun pengalaman profesional. Gaji standar seorang manajer proyek sekitar Rp. 8.000.000 – Rp. 12.000.000.

4. Quality Control Proyek Bangunan

Kontrol kualitas dalam proyek konstruksi digunakan untuk memantau kualitas bahan bangunan di lapangan. Sebagai kontrol kualitas, memiliki hak untuk melakukan pengujian yang menyertai pengembangan.

Selain itu, pengawas mutu juga diperbolehkan mengeluarkan peringatan kepada kontraktor bangunan dan pengelola proyek jika ada penyimpanan dalam pengadaan bahan bangunan.

Karena itu, dalam menjalankan profesi ini harus tabah, ya. Gaji standar untuk seorang manajer konstruksi adalah Rp. 10.000.000 – Rp. 25.000.000.

5. Dosen

Pekerjaan ini yakni sangat cocok bagi Anda yang menyenangi ilmu pengetahuan dan penelitian. Sebelum menjadi dosen, minimal harus menyelesaikan pendidikan magister dari pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di tanah air.

Kisaran gaji insinyur sipil yang berprofesi sebagai dosen bisa antara Rp. 10.000.000 – Rp. 30.000.000 per bulan, namun tergantung pengalaman.

6. Kontraktor Insinyur Sipil

Kontraktor Insinyur Sipil adalah seorang insinyur sipil yang bertanggung jawab untuk merealisasikan rencana yang dibuat oleh konsultan bangunan menjadi bangunan nyata.

Kontraktorr ini harus mampu mengelola sumber daya manusia dan material di lokasi. Namun perlu dicatat bahwa ada juga proyek pembangunan yang tidak mempunyai sebuah layanan konsultasi.

Oleh karena itu, kontraktor harus siap untuk menyusun rencana sendiri dan menerapkannya di dalam gedung. Gaji standar untuk pengelola situs: 5,5 juta rupee hingga ratusan juta rupee.

7. Konsultan Perencana

Konsultan perencanaan memiliki tugas yakni memberikan strategi perencanaan untuk pelaksanaan proyek konstruksi. Sebagai konsultan, kami akan sering berkomunikasi dengan kontraktor untuk membahas kondisi lapangan dan perhitungan struktural untuk konstruksi.

Untuk menjadi konsultan perencanaan profesional, kita perlu memulai sebagai asisten penasihat untuk menyerap pengetahuan sebanyak mungkin.

Gaji standar rata-rata konsultan perencana proyek kurang dari sepuluh juta dan akan terus meningkat hingga menjadi direktur, yang biasanya berpenghasilan Rp. 30.000.000 sebulan. Gaji standar pengelola situs misalnya Rp. 7.000.000 – Rp. 30.000.000.

Dengan asuransi mobil AXA, Anda tidak perlu khawatir untuk memperbaiki kendaraan Anda karena ada risiko kebakaran, kecelakaan, bencana alam dan lainnya.

8. Pelaksana Proyek

Tugas selanjutnya yang bisa dilakukan adalah menjadi pelaku proyek. Pada prinsipnya tugas ini dapat diambil alih oleh lulusan perguruan tinggi dengan pengalaman kerja yang relatif baru.

Perlu dicatat bahwa pekerjaan ini juga memiliki risiko yang cukup tinggi, karena Anda harus langsung ke lapangan setiap hari untuk bekerja.

Meski minim pengalaman, gaji manajer proyek bisa berkisar antara Rp. 7.000.000 – Rp. 12.000.000 per bulan, tergantung dengan berbagai faktor.

9. Drafter

Seperti namanya, Drafter ini telah bertanggung jawab untuk membuat gambar atau sketsa infrastruktur yang kemudian dapat disediakan untuk pelanggan. Hebatnya, di zaman kuno, desainer menggambar sketsa di atas kertas besar.

Sketsa infrastruktur sekarang dapat dibuat dengan AutoCAD. Oleh karena itu, perusahaan umumnya lebih memilih desainer dengan latar belakang pendidikan minimal D3.

Ini karena menggunakan AutoCAD membutuhkan keterampilan teknis yang biasanya diajarkan di perguruan tinggi. Gaji standar untuk pengelola lokasi: Rp. 3.800.000 – Rp. 9.000.000.

10. Insinyur air

Jika Anda tertarik untuk membangun waduk atau pembangkit listrik tenaga air, Anda bisa menjadi insinyur air.

Di sini tugas utama Anda adalah menyelesaikan masalah yang terkait dengan pengembangan teknis dan pengoperasian gedung. Pendapatan tukang air cukup tinggi, antara Rp. 15.000.000 – Rp. 40.000.000 per bulan.

Mata kuliah teknik sipil tidak berbeda dengan mata kuliah lainnya. Tahun pertama dimulai dengan mata pelajaran umum misalnya matematika, bahasa, fisika, dan lainnya.

Pada tahun kedua, pengetahuan yang lebih spesifik diberikan, misalnya statistik, teknik mesin, dan lain sebagainya.

Di semester tengah, mahasiswa teknik sipil juga dapat memilih peminatan seperti konstruksi bangunan, pengelolaan air dan banyak lagi. Tentukan bidang profesional yang Anda inginkan selama studi Anda dan beradaptasi dengan kursus.

Setelah meninjau kisaran gaji dan informasi kursus teknik sipil, apakah Anda masih tertarik untuk melakukan pekerjaan ini?

Saat menjalankan profesi ini, pastikan kita memiliki perlindungan asuransi. Asuransi dapat melindungi kita dari risiko biaya finansial, misalnya biaya kecelakaan berat, pengobatan akibat penyakit berat, dan bencana lainnya yang dapat terjadi sewaktu-waktu.

Baca Juga :

Itulah ulasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Gaji Teknik Sipil. Semoga ulasan ini dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.

/* */
error: Semoga selamet panjang umur buat yang copy tanpa izin!!