Gaji Tukang Parkir Pesawat di Indonesia Perbulan Berapa? Ini Kisarannya

Gaji Tukang Parkir Pesawat – Profesi aircraft marshaller atau tukang parkir pesawat yakni belakangan ini memang banyak yang diminati. Karena profesi ini tidak hanya unik, tetapi juga dikenal memiliki gaji yang cukup tinggi.

Berapa gaji aircraft marshaller juga dikenal sebagai asisten penerbangan? Pertanyaan ini sering ditanyakan oleh para pekerja di industri penerbangan.

Gaji juru parkir pesawat memang menggiurkan di beberapa negara. Karena tugas marshaller sangat penting untuk mengatur lalu lintas udara di bandara.

Tugasnya yakni sebagai asisten penerbangan adalah memberikan instruksi kepada pilot saat memarkir pesawat setelah mendarat di bandara. Selain tersertifikasi, mereka juga dilatih dan dituntut memiliki kecepatan dan ketepatan saat memandu pilot.

Sementara pilot bertanggung jawab untuk mengendalikan pesawat, pramugari adalah perpanjangan dari mata. Sama seperti di jalanan, petugas parkir ini memandu pesawat ke tempat parkir yang dinamis.

Melalui gerakannya, petugas parkir berkomunikasi dengan pilot dan memberikan instruksi di mana tepatnya pesawat berhenti. Petugas parkir juga harus memastikan bahwa taxiway dan tempat parkir pesawat bebas dari benda asing.

Anehnya, bahkan dalam kondisi buruk seperti hujan dan badai, petugas parkir pesawat terus bekerja. Semuanya untuk memastikan pesawat diparkir dengan aman.

Lalu berapakah gaji dalam tukang parkir pesawat ini? Dibawah ini sudah kami siapkan beberapa ulasan dan penjelasannya secara lengkap. Simak sebagai berikut!!

Gaji Tukang Parkir Pesawat di Indonesia Perbulan Berapa? Ini Kisarannya

Seorang Aircraft Parking Officer atau tukang parkir pesawar yakni memanglah sudah memegang adanya sebuah peranan yang sangat penting dalam menjaga lalu lintas udara tetap bergerak di bandara.

Tugasnya adalah menginstruksikan pilot untuk berbelok, mengurangi kecepatan, mematikan mesin pesawat saat melaju ke depan.

Terkadang petugas parkir pesawat mengeluarkan perintah kepada pilot saat mengendarai mobil khusus yang bertuliskan “Follow Me” dan mengantar pesawat ke tempat parkir atau landasan pacu.

Gaji-Tukang-Parkir-Pesawat

Peran pramugari sangat penting karena banyak pilot memiliki pandangan terbatas terhadap pesawat dan tanah dari kokpit. Asisten penerbangan memandu pilot dengan aman ke posisi parkir.

Karena perannya yang penting, profesi ini tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Diperlukan sertifikat khusus yang menunjukkan bahwa individu tersebut memenuhi syarat sebagai pramugari parkir pesawat.

Petugas parkir pesawat juga harus cepat dan tepat memberikan arahan agar operasional bandara tetap berjalan lancar.

Selain dapat bekerja secara efisien dan dapat bekerja dengan cepat, marshaller juga harus memberikan sinyal yang benar dan akurat kepada pilot. Seorang Marshsaler biasanya diberkahi dengan atribut khusus.

Di Indonesia, petugas parkir pesawat baru akan mendapat gaji kurang lebih Rp 5jt sampai Rp 6jt perbulannya.

Namun, jika Anda sudah lama bekerja dan terdaftar sebagai tukang parkir, Anda bisa mendapatkan gaji antara Rp 10 juta hingga Rp 60 juta di setiap bulannya.

Menurut situs Ziprecuriter, pada Januari 2022, gaji rata-rata seorang tukang parkir pesawat ialah sebesar $21/jam, atau hampir Rp. 300.000/jam (kurs 14.279).

Sementara itu, rata-rata gaji de setiap tahunnya di Amerika Serikat per 1 Desember 2021 adalah US$43.861 per tahun, atau sekitar Rp 622.000.000 (kurs US$14.200). Gaji juga dapat bervariasi berdasarkan lokasi bandara, pengalaman dan keterampilan orang tersebut.

Persyaratan Menjadi Tukang Parkir Pesawat

Persyaratan-Menjadi-Tukang-Parkir-Pesawat

Dibawah ini adalah beberapa syarat menjadi tukang parkir pesawat yang telah kami siapkan kepada kalian, diantaranya ialah:

a. Berusia 18-35 Tahun

Persyaratan yang pertama yakni untuk menjadi pramugari parkir pesawat adalah berusia 18-35 tahun. Namun, beberapa maskapai menetapkan usia maksimal 24 tahun.

Jadi, sebelum kamu melamar, seharusnya kamu harus riset dulu masing-masing maskapai tentang batasan usia yang harus mereka miliki.

b. Pendidikan Minimal SMA/SMK/Sederajat

Menjadi petugas parkir pesawat juga membutuhkan persyaratan akademik. Secara umum, orang membutuhkan setidaknya ijazah.

Di Indonesia saja, persyaratan pendidikan minimal SMA/K sederajat diperlukan untuk menjadi marshaller sebagaimana tercantum di situs web penerbangan. Usia maksimal ialah 24 tahun.

Untuk pengembangannya, masyarakat yang ingin menjadi pramugari parkir pesawat juga harus mengikuti pelatihan khusus terkait membaca sinyal. Jadi tidak bisa sembarangan.

Pendidikan minimal yang diperlukan untuk menjadi seorang pramugari parkir pesawat adalah pendidikan SMA atau sederajat. Artinya bagi Anda yang memiliki pendidikan tinggi atau pelatihan profesional dapat melamar menjadi pramugari parkir pesawat.

c. Kesediaan untuk Mengikuti Pelatihan Khusus

Persyaratan sekolah untuk menjadi petugas parkir pesawat adalah SMA atau SMK dan sederajat. Untuk itu, calon pelamar harus bersedia mengikuti pelatihan khusus untuk mempelajari cara menjadi pramugari parkir pesawat.

Pelatihan khusus ini dirancang untuk memungkinkan calon tukang parkir pesawat untuk berkoordinasi secara cerdas dengan pilot untuk memarkir pesawat dengan aman.

Selain itu, pelatihan khusus ini juga diperlukan bagi calon tukang parkir pesawat untuk memiliki lisensi. Lisensi ini juga harus berfungsi sebagai bukti pengalaman di bidang ini dan memudahkan Anda untuk berganti maskapai.

d. Tinggi Badan

Tinggi badan juga menjadi salah satu syarat utama untuk menjadi pramugari taman pesawat. Untuk menjadi petugas parkir pesawat, Anda harus mempunyai tinggi badan minimal 165 cm untuk pria.

Sedangkan wanita harus mempunyai tinggi minimal 157 cm. Jika Anda lebih pendek dari tinggi yang dibutuhkan, akan sulit untuk melamar menjadi pramugari.

e. Menjadi Satu dari Komponen Penting

Profesi tukang parkir pesawat ini yakni tidak sendirian di dalam lapangan atau tempat kerja tersebut. Setiap pesawat yang mendarat harus berkomunikasi dengan pengontrol di bandara.

Setelah ini, pilot berkoordinasi dengan teknisi perawatan pesawat, yang memberikan informasi parkir kepada marshaller. Setelah itu, petugas parkir pesawat sudah bertugas dan mengantar pilot ke tempat parkir pesawat.

f. Banyak Aturan Khusus

Profesi shunting yakni harus mengetahui aturan yang cukup luas dan ketat. Padahal, petugas parkir pesawat hanya bisa memarkir 5 pesawat per hari di tempat parkir.

Pada umumnya, petugas parkir pesawat dapat bekerja hingga 13 jam sehari atau dengan sistem shift dengan istirahat atau istirahat. Jam kerja normal adalah 06:00 – 19:00 dan 18:00 – 07:00.

g. Dilengkapi Alat Khusus

Petugas parkir pesawat juga dilengkapi dengan peralatan khusus untuk pekerjaan itu. Contohnya adalah penutup telinga, jaket neon, sepatu logam, dan stik LED.

Itulah beberapa alasan mengapa profesi pramugari atau pramugari begitu penting. Tanpa mereka, pilot akan kesulitan memarkir pesawat mereka di bandara.

h. Syarat Lainnya

Selain persyaratan umum di atas, Anda juga harus memenuhi persyaratan kesehatan fisik dan mental, berpenampilan menarik, tidak buta warna dan belum menikah. Anda harus memenuhi persyaratan ini jika ingin melamar menjadi pramugari parkir pesawat.

Baca Juga :

Itulah ulasan yang telah kami sampaikan mengenai Gaji Tukang Parkir Pesawat di Indonesia. Semoga ulasan ini bermanfaat!!

/* */
error: Semoga selamet panjang umur buat yang copy tanpa izin!!