THR Gaji Polisi Kapan Cair? Silahkan Cek Besarannya Hanya disini!!

THR Gaji Polisi – Menjadi anggota Polri atau Polri merupakan salah satu dambaan banyak orang. Ribuan warga berkumpul untuk mendaftar sebagai Akpol Polri, berharap menjadi satu kesatuan polisi setiap tahun.

Bagaimana tidak menjadi pekerjaan impian, karena aparat kepolisian memiliki tugas penting menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, memberikan perlindungan dan menjamin penegakan hukum yang adil.

Selain tugas yang sangat penting, remunerasi dan peluang karir juga cukup tinggi. Selain TNI dan Perwira, polisi juga termasuk profesi yang memberikan gaji tetap dan di atas rata-rata bagi pegawai administrasi.

Promosi di instansi kepolisian juga cukup umum. Kamu tahu? Kepolisian Negara Republik Indonesia memiliki beberapa kategori, dari yang terendah, pangkat, hingga tertinggi, perwira senior.

Setiap jenjang tentunya memiliki gaji dan tunjangan yang berbeda-beda sebagai anggota kepolisian.

THR Gaji Polisi Kapan Cair? Silahkan Cek Besarannya Hanya disini!!

Polisi merupakan sebuah badan publik sipil yang memelihara ketertiban, keamanan, dan penegakan hukum di seluruh negeri. Polisi merupakan salah satu institusi penting yang tugas utamanya menjaga keamanan, ketertiban dan penegakan sebuah hukum.

Sehingga ada departemen kepolisian di semua negara berdaulat. Terkadang sistem ini bersifat militer, seperti di Indonesia sebelum Polri mundur dari ABRI.

Polisi yakni menjadi penyidik. Tugasnya mengumpulkan barang bukti meliputi keterangan dari berbagai sumber, baik keterangan saksi maupun keterangan ahli.

THR-Gaji-Polisi

Bagi THR Polri, besaran tersebut mengacu pada gaji pokok ditambah tunjangan. Artinya, komponen THR tidak termasuk tunjangan atau bonus kinerja tahun ini.

Gaji pokok kepolisian diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua Belas Atas Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 2001 tentang Peraturan Penggajian Anggota Polri.

Berikut total gaji polisi berdasarkan golongan mulai dari bupati hingga perwira tinggi yang tergabung dalam THR Lebaran 2021 (THR Polri):

Golongan I (Tamtama)

Ajun Brigadir Polisi (Abripol)Rp 1.917.100 – Rp 2.960.700
Ajun Brigadir Polisi Satu (Abriptu)Rp 1.858.900 – Rp 2.870.900
Ajun Brigadir Polisi Dua (Abripda)Rp 1.802.600 – Rp 2.783.900
Bhayangkara Kepala (Bharaka)Rp 1.747.900 – Rp 2.699.400
Bhayangkara Satu (Bharatu)Rp 1.694.900 – Rp 2.699.400
Bayangkara Dua (Bharada)Rp 1.643.500 – Rp 2.538.100

Golongan II (Bintara)

Ajun Inspektur Satu (Aiptu)Rp 2.454.000 – Rp 4.032.600
Ajun Inspektur Dua (Aipda)Rp 2.379.500 – Rp 3.910.300
Brigadir Polisi Kepala (Bripka)Rp 2.307.400 – Rp 3.791.700
BrigadirRp 2.237.400 – Rp 3.676.700
Brigadir Polisi Satu (Briptu)Rp 2.169.500 – Rp 3.565.200
Brigadir Polisi Dua (Bripda)Rp 2.103.700 – Rp 3.457.100

Golongan III (Perwira Pertama atau Pama)

Ajun Komisaris Polisi (AKP)Rp 2.909.100 – Rp 4.780.600
Inspektur Polisi Satu (Iptu)Rp 2.820.800 – Rp 4.635.600
Inspektur Polisi Dua (Ipda)Rp 2.735.300 – Rp 4.425.200

Golongan IV (Perwira Tinggi dan Perwira Menengah)

Perwira Menengah atau Pamen Komisaris Besar (Kombes)Rp 3.190.700 – Rp 5.243.400
Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP)Rp 3.093.900 – Rp 5.084.300
Komisaris Polisi (Kompol)Rp 3.000.100 – Rp 4.930.100
Perwira Tinggi atau Pati Jenderal PolisiRp 5.238.200 – Rp 5.930.800
Komisaris Jenderal Polisi (Komjen)Rp 5.079.300 – Rp 5.930.800
Inspektur Jenderal Polisi (Irjen)Rp 3.290.500 – Rp 5.576.500
Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen)Rp 3.290.500 – Rp 5.407.400

Sementara pemotongan dikaitkan, jumlahnya bervariasi berdasarkan pangkat, posisi, dan wilayah tempat tinggal, hingga dan termasuk jumlah anggota keluarga.

Beberapa tunjangan yang terkait dengan anggota kepolisian antara lain tunjangan sampingan, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan, tunjangan perbatasan, dan tunjangan khusus wilayah Papua.

Berikut adalah rincian dari beberapa layanan polisi:

  • Istri : 10 persen dari gaji pokok TNI.
  • Anak : 2 persen dari gaji pokok maksimal 2 anak.
  • Beras : Beras 18kg per bulan senilai Rp 8.047 per kg dan tambahan 10kg beras per bulan untuk istri dan dua anaknya.
  • Jabatan atau Posisi : Tergantung pada posisi tersebut.

Tugas Utama Polri / Kepolisian

Tugas bina masyarakat di bidang ini adalah pemolisian masyarakat dengan melakukan pendekatan kepada masyarakat dengan hubungan sosial dan gotong royong.

Akan tetapi dalam sebuah konsep polisi komunitas itu sendiri kini bias dalam implementasinya di kepolisian. Konsep polisi masyarakat ada sesuai dengan karakter dan budaya Indonesia (Jawa).

Dengan menerapkan sistem keamanan lingkungan (siskamling) di masyarakat pedesaan dan pedesaan, maka masyarakat merasa bertanggung jawab atas keamanan daerahnya sendiri.

Dalam tersebutlah dapat ditunjang dengan kegiatan Babinkamtibmas yang harus selalu memantau daerah dalam melakukan kegiatan yakni secara khusus.

a. Tugas di bidang Preventif

Semua upaya dan kegiatan kepolisian preventif yakni sebagai:

  • Memelihara ketertiban dan keamanan masyarakat. Juga berfungsi untuk menjaga keamanan orang, barang dan barang, termasuk pemberian perlindungan dan bantuan, khususnya pencegahan pelanggaran hukum.
  • Menyelesaikan tugas ini membutuhkan keterampilan pekerjaan teknis yang terpisah seperti patroli, menjaga, dan membimbing.

b. Tugas di bidang Represif

Dalam bidang represi, terdapat dua dalam jenis fungsi dan peran terhadap kepolisian Indonesia, yaitu tindakan represif yang dapat dibenarkan dan tidak dapat dibenarkan.

Dalam tindak pidana, penyidik ​​melakukan kegiatan diantaranya ialah:

  • Cari dan temukan peristiwa yang dianggap sebagai tindakan kriminal.
  • Menentukan apakah investigasi layak atau tidak.
  • Cari dan kumpulkan bukti.
  • Menerangi kejahatan yang terjadi.
  • Temukan tersangka pelaku.

Lembaga Kepolisian

Terdapat institusi kepolisian tertentu dengan karakteristik yang berbeda dan pada umumnya lingkup tugasnya lebih terbatas pada bidang dan tugas tersebut, diantaranya ialah:

  • Polsuspas merupakan pejabat di lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia yang diberi kewenangan dengan berdasarkan Undang-Undang untuk menyelenggarakan fungsi kepolisian di lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan negara.
  • Polhut merupakan jenis kepolisian di bawah Kementerian Kehutanan yang dibentuk sebagai lembaga penegak hukum yang bertugas melestarikan, melindungi dan memantau hutan dan ekosistem serta kegiatan terkait.
  • Pol PP merupakan adanya satuan yang dikomandoi oleh MP PP (Perawat Polisi Pamong Praja) tingkat bawah (sebelumnya Asisten Wedana). PP MP dulu bertanggung jawab kepada Wedana.
  • Polsuska merupakan kepolisian PT Kereta Api (PT KAI) yang bertugas menjaga agar kereta api tetap berjalan dari insiden keamanan dan gangguan lainnya.
    • Sebelum mendirikan Polsuska, PT KAI menggunakan jasa kepolisian untuk mengamankan perjalanan kereta api. Polsuska dibubarkan dan kemudian dibentuk kembali sesuai dengan reformasi yang signifikan dalam tubuh PT KAI.
    • Pendidikan dan pelatihan Polsuska dilakukan dengan PT KAI dan kepolisian, kehadiran Polsuska menjamin keamanan dan kenyamanan klien PT KAI selama perjalanan.
  • Polisi Militer merupakan perwira polisi dari organisasi militer yang bertugas melaksanakan pemeliharaan, hukum, penegakan disiplin, dan ketertiban di lingkungan militer suatu negara dalam mendukung misi utama militer menegakkan kedaulatan dari negara ini.

Manfaat Menjadi Polisi

Ketika Anda berada di taman kanak-kanak atau sekolah dasar, Anda sering ditanya tentang tujuan Anda. Di antara berbagai jawaban itu, polisi mungkin menjadi jawabannya.

Polisi benar-benar profesi yang membanggakan. Namun pada akhirnya, menjadi seorang polisi memiliki risiko. Apa yang kamu? Selamat ulang tahun Bhayangkara yang ke-67, melihat manfaat dan resiko menjadi polisi, diantaranya ialah:

a. Penuh Tanggung Jawab dan Komitmen

Polisi bertanggung jawab atas keadaan darurat. Dengan beberapa kasus itu menyelamatkan nyawa. Anda harus selalu bereaksi dengan cepat dan akurat.

Baik siang atau malam, yang penting baginya adalah keselamatan orang-orang. Pekerjaan ini memakan waktu berjam-jam, dan banyak petugas yang tinggal bersama kepolisian.

b. Menjadi Pahlawan dan Lindungi Masyarakat

Meski ada polisi nakal, masih banyak polisi yang berdedikasi tinggi di negeri ini. Ia bekerja keras untuk memberantas kejahatan yang sering membuat orang resah.

Misalnya dalam narkoba, pencurian, perjudian, pemerkosaan, dan sebagainya. Peran polisi di sini adalah mengayomi masyarakat agar merasa aman.

c. Memiliki Sikap Tegas dan Disiplin

HUT Bhayangkara, Kapolres Metro, ciptakan momentum peningkatan pelayanan kepolisian
Untuk menjadi seorang polisi, mereka harus dididik dan dilatih secara menyeluruh. Dia dilatih untuk bersikap tegas, berani, disiplin, dan suka menolong.

d. Mengayomi Masyarakat

Pengaduan masyarakat selalu diterima polisi dalam waktu 24 jam. Layanan ini dilakukan untuk menciptakan lingkungan yang aman.

Tindakan terhadap warga negara yang tidak disiplin, mis. Misalnya memakai helm saat mengendarai sepeda motor, tidak menyeberang jalan pada tempatnya, melanggar peraturan lalu lintas. Ini untuk keselamatanmu.

Risiko Menjadi Polisi

Dibawah ini adalah beberapa risiko yang harus ditanggung, yakni:

a. Bahaya Mengancam Nyawa

Cukup banyak petugas polisi terluka dan tewas saat bertugas. Ini adalah risiko nyata yang harus dihadapi oleh profesi polisi.

b. Jauh dari Keluarga

HUT Bhayangkara, Jokowi minta polisi tetap aktif dan dukung pemerintah lawan pandemi
Banyak polisi harus rela hidup terpisah dari keluarganya.

Polisi sering beroperasi di luar kota, yang terkadang jauh dari keluarga mereka. Setelah mengetahui manfaat dan risiko di atas, apakah Anda masih memiliki ambisi untuk menjadi seorang polisi?

c. Tidak Dapat Libur Seperti Pegawai Lain

Tidak adanya sebuah kantor polisi yang tutup pada hari Sabtu dan Minggu. Karena polisi otomatis melayani masyarakat, mereka selalu ada. Terlepas dari tanggal merah atau hari libur nasional.

Benar-benar berkomitmen untuk melindungi masyarakat, jadi dia harus selalu ada di sana. Itu sebabnya polisi tidak memiliki jadwal liburan seperti pegawai lainnya.

Selain itu, beberapa petugas polisi mungkin tidak dapat kembali ke rumah. Karena mereka harus waspada untuk menjaga daerah aman.

Baca Juga :

Demikianlah ulasan yang telah kami sampaikan mengenai THR Gaji Polisi Kapan Cair? Semoga bermanfaat!!

/* */
error: Semoga selamet panjang umur buat yang copy tanpa izin!!