Cara Trading Bitcoin Tanpa Modal Untuk Pemula yang Legal di Indonesia

Trading Bitcoin – Trading Bitcoin adalah cara untuk menghasilkan keuntungan dengan salah satu mata uang kripto ini. Dari 2.000 cryptocurrency, Bitcoin benar-benar yang paling cerdas dalam hal kapitalisasi pasar dan popularitas.

Berbicara tentang harga, Bitcoin bukanlah lelucon. Khususnya, nilai Bitcoin akan meningkat 570 persen selama tahun 2020, dari $8.440 pada awal tahun menjadi $29.000 pada akhir tahun.

Dengan asumsi kurs dengan harga Rp. 14.000 rupiah per dolar AS, harga bitcoin akan naik dari sekitar Rp 118 juta menjadi sekitar Rp 406 juta per chip.

Ini adalah peluang menang yang sangat tinggi, tidak heran jika Bitcoin diincar oleh banyak orang. Cryptocurrency ini juga telah diakui sebagai alat transaksi legal di banyak negara.

Di bawah Bappebti, ada 229 jenis mata uang kripto yang legal dan diakui. Nah, volatilitas dan ketidakpastian ini membuat Bitcoin sangat diinginkan untuk diperdagangkan.

Konsep sederhana dari perdagangan bitcoin adalah mendapatkan keuntungan dari selisih antara harga jual dan harga beli. Beli dengan harga lebih rendah dan jual dengan harga lebih tinggi.

Jenis trading Bitcoin

Seperti disebutkan di atas, perdagangan bitcoin ini yakni telah dibagi menjadi 3 jenis. Trading tersebut yakni telah berbeda dengan mining atau penambangan bitcoin, yang membutuhkan peralatan komputer yang canggih.

Berikut adalah beberapa penjelasan dan jenis dalam trading bitcoin, diantaranya ialah:

1. Scalping

Cara ini lebih ekstrim dari day trading. Hanya perlu beberapa menit bagi pedagang untuk menjual koin. Selama Anda mendapat untung, meskipun kecil, bitcoin bisa langsung dijual. Cara ini hanya menghasilkan sedikit keuntungan. Tapi itu dilakukan berulang-ulang dan terus-menerus.

2. Day trading

Seperti namanya, perdagangan berlangsung setiap hari. Seorang pedagang bitcoin membeli dan menjual koin hanya dalam satu hari atau hari yang sama.

Dengan cara ini, trader harus sangat berhati-hati dan teliti dalam mengamati pergerakan harga Bitcoin yang terus menerus dari waktu ke waktu.

Jika ada kemungkinan harga jual akan lebih tinggi dari harga beli, maka dealer akan langsung menjualnya. Dibutuhkan ketelitian dan waktu untuk menjadi trader jenis ini.

3. Swing Trading

Cara ini paling sering digunakan oleh investor atau pengguna Bitcoin. Jangan ceroboh. Dalam perdagangan ayunan, pedagang mengamati grafik harga atau tren pasar tanpa dipantau setiap detik atau setiap hari.

Pedagang akan memantaunya dalam jumlah sedang dan lebih cenderung menahan aset untuk waktu yang lama. Jika harga telah mencapai keuntungan yang diinginkan, maka akan dijual.

Bagi kalian yang ingin berinvestasi di dunia digital, berinvestasi dalam bitcoin yang terus meningkat bisa menjadi pilihan. Dalam waktu singkat, tren Bitcoin telah menarik banyak orang di luar negeri dan di Indonesia.

Cara-Trading-Bitcoin

Akan tetapi, masih banyak pemula yang bingung untuk memulai trading Bitcoin. Ini adalah cara yang aman untuk menghasilkan uang dari Bitcoin meskipun Anda baru mengenal dunia perdagangan, berikut penjelasan lengkapnya:

a. Pahami Risiko

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi di Bitcoin atau cryptocurrency lainnya, penting untuk mempelajari dan memahami risiko yang terlibat.

Pertama-tama, investasi bitcoin dianggap lebih cocok karena memiliki kapitalisasi pasar yang lebih besar dan lebih stabil.

Meskipun tidak stabil, kerangka peraturannya lebih jelas daripada investasi uang digital lainnya. Hal ini tentunya membantu untuk meminimalkan risiko di masa depan.

Selain itu, Bitcoin adalah aset kripto yang paling likuid, membuatnya mudah untuk diperdagangkan. Namun, Anda tetap harus menetapkan batasan agar nilai investasi lebih besar dari kemungkinan Anda.

b. Jangan Asal Beli Saat Harga Murah

Banyak yang berpikir bahwa untuk sukses dalam perdagangan bitcoin, Anda harus mematuhi prinsip beli rendah dan jual tinggi. Dengan itu Anda bisa mendapat untung, yaitu menghasilkan banyak uang. Belum tentu seperti itu.

Akan tiba saatnya harga bitcoin turun karena alasan tertentu terkait kondisi pasar. Untuk uang, Anda dapat memperdagangkan bitcoin dengan denominasi kecil. Kemudian secara bertahap tingkatkan gagasan perdagangan saat keuntungan meningkat.

c. Lihat Prospek Jangka Panjang

Bagi kalian yang masih pemula, Anda tidak harus trading Bitcoin setiap hari. Karena volatilitas Bitcoin, harganya bisa naik dan turun drastis dalam hitungan hari.

Tentu saja, mengingat situasinya, para pemula sering terjebak dalam kasus “Panic Selling” dan“Panic Buying”. Apalagi saat harga bitcoin tiba-tiba turun. Sebagai permulaan, Anda dapat mencoba berinvestasi di Bitcoin untuk jangka panjang.

d. Aktifkan Fitur Beli Otomatis

Pertama-tama, membaca pergerakan pasar bisa jadi sulit. Termasuk bagi Anda yang belum mengetahui kemana arah bitcoin akan pergi dan bingung saat harus menentukan entry level.

Akan tetapi, kini Anda tidak perlu khawatir lagi. Karena beberapa platform pertukaran menawarkan fungsi pembelian berulang otomatis.

Sebutkan Luno Indonesia, yang kini memudahkan Anda untuk mengatur pembelian bitcoin secara otomatis hanya dengan mengaktifkan fitur pembelian berulang.

Fitur ini memungkinkan Anda memperoleh lebih banyak ketika nilai Bitcoin turun, memungkinkan Anda memperoleh lebih banyak keuntungan.

e. Manajemen Risiko dengan Diversifikasi Aset Kripto

Ketika berbicara tentang investasi, Anda mungkin pernah mendengar ungkapan “jangan menaruh telur Anda di keranjang yang sama.” Ini juga berlaku untuk aset cryptocurrency.

Alih-alih memasukkan semua uang Anda ke dalam satu aset, Anda perlu mendiversifikasi portofolio Anda. Diversifikasi portofolio berarti menginvestasikan uang dalam aset kripto yang berbeda, bukan hanya Bitcoin.

Tidak hanya berpotensi menghasilkan keuntungan maksimal, strategi ini juga memenuhi syarat sebagai mitigasi risiko, memberi Anda cadangan jika salah satu aset Anda berkinerja buruk.

Selain metode di atas, penting juga bagi Anda untuk memilih platform perdagangan cryptocurrency yang aman. Mirip dengan Luno Indonesia, ini adalah platform beli, simpan, jual, dan tukar yang menawarkan berbagai dana digital mulai dari Bitcoin, Ripple, Ethereum, dan lainnya.

Trading bitcoin di Luno Indonesia yakni telah dijamin aman karena memiliki otentikasi dua faktor untuk memberikan perlindungan ekstra pada akun Anda.

Selain itu, kata sandi juga disimpan dalam hash, sehingga tidak ada yang bisa mengakses kata sandi kecuali Anda sendiri. Luno Indonesia mempunyai adanya sebuah fitur dompet yang membuat transaksi jual beli kripto menjadi cepat dan mudah.

Investasi Bitcoin di Luno Indonesia juga tidak membutuhkan modal besar karena Bitcoin bisa dibeli mulai dari Rp 25.000. Ada juga berbagai opsi pembayaran untuk memfasilitasi penyetoran dan penarikan cepat.

Cara Trading Bitcoin dan Tipsnya dengan Mudah

Cara-Trading-Bitcoin-dan-Tipsnya-dengan-Mudah

Status yang diakui oleh Bappebti memungkinkan kami untuk memperdagangkan bitcoin secara legal di negara-negara ini. Bagi Anda yang penasaran, lihat dulu kondisi trading Bitcoin.

Dibawah ini adalah beberapa cara perdagangan bitcoin beserta beberapa tips, diantaranya ialah:

1. Pilih Exchanger

Jika dalam saham kita mengenal broker atau pialang yang dimainkan oleh perusahaan investasi, maka dalam trading bitcoin kita perlu mengenal exchanger. Semua bentuk jual beli Bitcoin dan cryptocurrency lainnya dilakukan melalui pertukaran.

Sederhananya, pertukaran adalah pertukaran cryptocurrency atau layanan pertukaran. Ini adalah tempat di mana penjual dan pembeli Bitcoin dapat bertemu. Ada 13 exchanger yang diakui Bappebti.

2. Registrasi di Exchanger

Anda dapat memilih penukar dari berbagai fitur dan opsi pembayaran yang tersedia. Setelah memilih pertukaran yang cocok untuk Anda, daftar di platform.

Pendaftaran biasanya tidak sulit, cukup dengan memberikan identitas dan alamat email Anda dan membuat kata sandi di akun Anda.

Jika Anda sudah mempunyai akun, Anda dapat mendaftar dan menyetor sejumlah uang ke akun pertukaran Anda. Dari dana ini, Anda dapat mulai membeli cryptocurrency atau bitcoin. Dari sini Anda bisa melakukan proses trading.

3. Pilih Dompet Bitcoin

Jika Anda sudah mempunyai bitcoin dari pertukaran kripto, Anda dapat menyimpan kekayaan bitcoin Anda di dompet Anda. Seperti namanya, dompet tentu berguna untuk menjaga keamanan aset tetap.

Saat ini ada tiga jenis dompet bitcoin yang tersedia, yaitu dompet online (sistem web), dompet desktop (bentuk perangkat lunak) dan dompet perangkat keras (bentuk fisik). Anda dapat memilih dompet bitcoin yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Ini juga mengatur tingkat risiko setiap dompet bitcoin. Lifepal telah berbicara secara luas tentang dompet bitcoin ini.

Cara Membaca Pergerakan Bitcoin

Bitcoin dan cryptocurrency lainnya sangat dinamis. Atau bisa dibilang volatilitasnya sangat tinggi. Setelah harga bitcoin menembus di atas $64.888,99, harganya bisa turun menjadi $47.037,37 per keping dalam waktu lebih dari seminggu.

Di pasar saham, volatilitas yang membingungkan ini mendorong Bitcoin ke pasar beruang. Pada dasarnya, tidak ada konsensus konkret tentang fundamental atau korelasi makro untuk cryptocurrency.

Hal ini sangat berbeda dengan pasar modal yang dapat dianalisis secara fundamental. Oleh karena itu, salah satu pendekatan yang mungkin dilakukan untuk mengamati pergerakan Bitcoin adalah dengan mengamati siklus naik turun yang terjadi pada harga.

Ada dua hal yang perlu diperhatikan saat menentukan tren Bitcoin apakah bearish (turun) atau bullish (naik).

Pertama, terjadinya penurunan atau kenaikan harga lebih dari 20 persen. Kedua, jika harga tidak kembali ke harga tertinggi atau terendah sebelum perubahan dalam waktu 90 hari.

Jika mencapai 90 hari (tanpa kembali ke titik sebelumnya), bisa disebut tren bearish atau bullish.

Selain peristiwa bearish-bullish ini, Coindesk juga membagi volatilitas bitcoin (lebih dari 30 hari) menjadi tiga kategori, yakni volatilitas , tinggi dengan skor lebih besar dari 1.volatilitas sedang dengan skor 0,5-1, dan volatilitas rendah dengan skor kurang dari 0,5.

Baca Juga :

Demikianlah ulasan yang telah kami sampaikan mengenai Cara Trading Bitcoin Tanpa Modal Untuk Pemula yang Legal di Indonesia. Semoga bermanfaat!!

/* */
error: Semoga selamet panjang umur buat yang copy tanpa izin!!